Penerbangan Pagi Lebih Minim Turbulensi, Benarkah?

No comment 89 views

Berikut artikel Penerbangan Pagi Lebih Minim Turbulensi, Benarkah?, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski pesawat jadi alat transportasi favorit ketika ini, banyak wisatawan yg masih takut mulai risikonya. Turbulensi atau guncangan adalah salah sesuatu hal yg membuat penumpang pesawat panik bahkan ketakutan.

Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yg menyebabkan guncangan pada tubuh pesawat, baik kecil maupun besar.

Banyak hal yg menyebabkan terjadinya turbulensi, antara yang lain gangguan cuaca dan gangguan mesin. Kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap besar atau kecilnya turbulensi. 

Banyak orang mengatakan, penerbangan pagi lebih minim turbulensi karena petir dan hujan kerap terjadi pada sore hari. Hal itu disanggah pengamat penerbangan yg pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (2002-2005), Chappy Hakim.

“Sebetulnya prediksi cuaca tergantung wilayah masing-masing. Tiap wilayah milik statistiknya sendiri,” tutur Chappy kepada KompasTravel, Senin (25/6/2016).

Fenomena cuaca berbeda di tiap zona, yakni tropis dan non-tropis. Ada wilayah yg cuacanya bagus pada pagi hari. Ada juga wilayah yg cuacanya bagus dan cerah pada malam hari.

“Ini juga berkaitan dengan perubahan musim. Statistik tiap daerah mulai berbeda di musim panas dan musim hujan,” tambah Chappy.

Sebelum penerbangan, pilot mulai membuat flight plan terkait cuaca yg mulai dihadapi. Itulah mengapa seandainya cuaca terlalu buruk, penerbangan dapat ditunda atau bahkan dibatalkan.

“Namun kami tak dapat menjamin cuaca bagus adalah saat pagi hari. Apalagi yg namanya kuasa alam, apa pun dapat terjadi. Namun di tiap penerbangan, pilot pasti telah menguasai medan yg mulai dia lewati,” jelas Chappy.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/25/150204327/penerbangan.pagi.lebih.minim.turbulensi.benarkah.
Terima kasih sudah membaca berita Penerbangan Pagi Lebih Minim Turbulensi, Benarkah?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Penerbangan Pagi Lebih Minim Turbulensi, Benarkah?"