Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Awal 2017

No comment 120 views

Berikut artikel Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Awal 2017, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Besar Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Lombok, Nusa Tenggara Barat berencana menutup pendakian Gunung Rinjani pada awal tahun 2017. Langkah tersebut mulai dikerjakan sebagai tindakan rutin yg diadakan setiap tahun.

“Biasanya tiga bulan mulai ditutup. Januari, Februari, dan Maret. Itu telah kebiasaan dari 20 tahun yg lalu,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Rinjani, Agus Budi Santosa ketika dihubungi KompasTravel, Selasa (13/12/2016).

BACA JUGA: Pendakian Gunung Gede dan Pangrango Ditutup akan 31 Desember 2016

Dia melanjutkan penutupan tersebut biasanya diambil berdasarkan rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Agus menyampaikan hingga ketika ini pihak TNGR masih menunggu surat rekomendasi dari BMKG terkait laporan prediksi cuaca pada tahun 2017.

“Biasanya bulan-bulan tersebut cuaca buruk, hujan dan angin badai. Di jalur pendakian ada jalur yg lebarnya tidak sampai sesuatu meter, jadi pendaki mampu jatuh ke jurang,” tambah Agus.

Namun, ia menuturkan pendakian Gunung Rinjani per tanggal 13 Desember 2016 masih tetap dibuka. Ia belum menutup jalur pendakian Gunung Rinjani baik dari Desa Sembalun atau Senaru.

“Kami belum dapat tutup kalau belum ada surat rekomendasi BMKG. Kami tak mampu ambil langkah itu kalau belum ada dasar rekomendasi BMKG,” ujar Agus.

BACA JUGA: Menikmati Pesona Agrowisata di Kaki Gunung Rinjani

Selain itu, alasan penutupan pendakian Gunung Rinjani juga didasari oleh pertimbangan ekologi. Agus menjelaskan penutupan tersebut bermanfaat bagi memberikan kesempatan kepada ekosistem Gunung Rinjani agar bisa pulih.

Sebelumnya, Gunung Rinjani juga ditutup pada Selasa 15 September 2016. Penutupan tersebut dikerjakan lantaran peningkatan status Gunung Rinjani dari Level 1 (Normal) menjadi Level 2 (Waspada) akibat erupsi Gunung Barujari yg termasuk ke dalam kawasan TNGR.

Gunung Rinjani adalah salah sesuatu gunung yg berstatus aktif di Indonesia. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan puncak di ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/14/120200927/pendakian.gunung.rinjani.ditutup.awal.2017
Terima kasih sudah membaca berita Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Awal 2017. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Awal 2017"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.