Pembuatan Taman Bunga Di Dekat Danau Toba Sudah Sampai Mana?

No comment 125 views

Berikut artikel Pembuatan Taman Bunga di Dekat Danau Toba Sudah Sampai Mana?, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana Presiden Joko Widodo terkait pembuatan taman bunga di dekat Danau Toba, tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, masih dalam tahap peninjauan. Aspek-aspek terkait perencanaan wilayah hingga perizinan kawasan tengah disiapkan.

BACA JUGA: Ini Rencana Jokowi Kembangkan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Unggulan

“Untuk rencana taman bunga ada kemungkinan kerja sama dengan Taman Bunga Nusantara di Cipanas, Jawa Barat,” kata Ketua Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba, Arie Prasetyo, seusai acara pelantikan pejabat Eselon III dan IV Kementerian Pariwisata, Badan Otoritas Toba, dan Pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Menurut dia, Taman Bunga Nusantara sudah memasuki tahap pembuatan master plan kawasan taman bunga di Danau Toba. Arie menyebut pihak Badan Otorita Danau Toba sudah bertemu pihak Taman Bunga Nusantara terkait perancangan master plan.

BACA JUGA: Master Plan Kawasan Pariwisata Danau Toba Ditargetkan Rampung 2017

“Kami telah bertemu dengan Direktur Utama Taman Bunga Nusantara, Pak Darmasto Kusumaningrat. Beliau telah menyusun visioning masterplan,” tambahnya.

Menurut dia, lahan sekitar 400 hektar di sekeliling Danau Toba mesti dibuat master plan terlebih dahulu. Taman bunga di Danau Toba, lanjut Arie, mulai memakai luas lahan sekitar 150-200 hektar.

“Itu (lahan) asetnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Secara aset, kalian harus pikirkan, apa pinjam pakai, serah kelola, atau dilimpahkan ke Badan Otorita,” jelasnya.

Arie menegaskan, pembangunan taman bunga dikerjakan secara bertahap. Hasil pertemuan kabinet terbatas di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, pada Agustus lalu, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan taman bunga di dekat Danau Toba.

Taman bunga tersebut diputuskan mulai dibangun di Kabupaten Humbang Hasundutan yg masih termasuk ke dalam wilayah Badan Otorita Danau Toba. Adapun pembentukan Badan Otorita Danau Toba ditandai dengan Peraturan Presiden No 49 Tahun 2016.

Kawasan Otorita Danau Toba berlokasi di wilayah Ajibata, Toba Samosir. Pada ketika yg bersamaan, Menteri Pariwisata juga mengukuhkan pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia periode 2016-2021. Pembina GIPI adalah Dadang Rizki Ratman, Pontjo Sutowo, Rahmat Gobel; serta deretan Dewan Pakar yakni Frans Teguh, Reinier Daulay, dan Purnomo.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/30/180300627/pembuatan.taman.bunga.di.dekat.danau.toba.sudah.sampai.mana.
Terima kasih sudah membaca berita Pembuatan Taman Bunga di Dekat Danau Toba Sudah Sampai Mana?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pembuatan Taman Bunga Di Dekat Danau Toba Sudah Sampai Mana?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.