Pemandian Air Panas 1.000 Tahun Di Islandia, Seperti Apa?

No comment 134 views

Berikut artikel Pemandian Air Panas 1.000 Tahun di Islandia, Seperti Apa?, Semoga bermanfaat

Reykholt – Islandia menyimpan banyak destinasi wisata yg belum kalian tahu. Ada pemandian mata air panas tertua di sana, yg dipercaya berumur 10 abad.

Selain milik fenomena alam spektakuler Aurora Borealis, Islandia juga milik banyak mata air panas yg masih tetap bertahan hingga sekarang. Salah satunya adalah Snorralaug, yg dipercaya telah ada sejak zaman Abad Pertengahan.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Visit West Iceland, Jumat (14/11/2016), pemandian mata air panas Snorralaug ini terletak di Kota Reykholt, Islandia Barat. Destinasi ini dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan darat dari Reykjavik, ibukota negara Islandia.

Sejarahnya Snorralaug adalah pemandian mata air panas alami punya seorang penyair serta penulis terkenal Islandia bernama Snorri Sturluson. Snorri hidup pada era tahun 1206-1241, alias pada zaman abad Pertengahan. Meski begitu, karya-karya Snorri masih tetap dikenang oleh warga Islandia sampai sekarang.

Snorralaug dipercaya sebagai kolam tertua di Islandia (Visit West Iceland)Snorralaug dipercaya sebagai kolam tertua di Islandia (Visit West Iceland)

Salah sesuatu peninggalan Snorri yg masih terjaga adalah Snorralaug ini. Bahkan, nama Snorralaug diambil dari nama depan Snorri. Berdasarkan salah sesuatu tulisannya, Snorri biasa memakai kolam air panas ini buat berendam dan mandi.

Snorralaug sendiri berbentuk lingkaran, dengan susunan batu-batu yg rapi di sekelilingnya. Para ahli arkeologi percaya, struktur kolam batu berbentuk lingkaran ini adalah yg tertua di seantero Islandia. Pondasi batu kolam ini saja diperkirakan telah ada sejak abad ke-10.

Karena mata air Snorralaug berasal dari alam, terkadang suhunya tak mampu dikontrol. Kadang dapat terlalu panas bagi digunakan mandi. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Reykholt menyediakan perpustakaan yg menyimpan karya-karya Snorri yg mampu dibaca wisatawan.

Pintu lorong rahasia di samping Snorralaug (guidetoiceland.is)Pintu lorong rahasia di samping Snorralaug (guidetoiceland.is)

Jadi seandainya tak sedang berendam di air panas, traveler mampu sambil baca-baca bagi tidak mengurangi pengetahuan tentang abad pertengahan. Di samping kolam Snorralaug, juga ada sebuah terowongan berpanel kayu yg mulai menuntun traveler ke sebuah peternakan kuno, tempat dimana Snorri dibunuh secara sadis. Sayang, terowongan ini tertutup bagi publik.

Namun jangan kecewa dulu, traveler mampu berkunjung ke Snorrastofa, sebuah pusat kebudayaan serta institut bagi mengkaji berbagai literatur yg berasal dari abad pertengahan. Snorrastofa juga kerap menggelar pameran sejarah, serta tur keliling berbagai situs bersejarah di Reykholt.

Snorrastoffa, pusat kebudayaan abad pertengahan (Visit West Iceland)Snorrastoffa, pusat kebudayaan abad pertengahan (Visit West Iceland)

(wsw/wsw)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/14/075311/3320484/1520/pemandian-air-panas-1000-tahun-di-islandia-seperti-apa
Terima kasih sudah membaca berita Pemandian Air Panas 1.000 Tahun di Islandia, Seperti Apa?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pemandian Air Panas 1.000 Tahun Di Islandia, Seperti Apa?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.