Pelesir Ke Bondowoso, Jangan Lupa Bawa Buah Tangan Ini!

No comment 128 views

Berikut artikel Pelesir ke Bondowoso, Jangan Lupa Bawa Buah Tangan Ini!, Semoga bermanfaat

BONDOWOSO, KOMPAS.com – Berkunjung ke suatu tempat rasanya tidak lengkap seandainya tidak membawa buah tangan buat kembali. Apalagi seandainya Anda mampir buat berlibur menikmati keindahan alam Bondowoso, Jawa Timur, Anda tidak boleh melewatkan buah tangan khas kabupaten dengan slogan “The Highland Paradise” dan “Republik Kopi” ini.

Berikut adalah oleh-oleh yg cocok bagi Anda bawa dari Bondowoso:

1. Kopi

Bondowoso baru saja mengklaim dirinya sebagai “Republik Kopi” lantaran antusiasme masyarakat yg tinggi mulai tanaman kopi.

“Kopi di Bondowoso istimewa karena di sini kopi tumbuh 1.800 meter di atas permukaan laut, yakni arabika. Selain itu juga tumbuhnya di kawasan Ijen dengan kontur dan kandungan tanah yg berbeda. Jadi cita rasanya berbeda karena ada unsur belerangnya,” ungkap Bupati Bondowoso, Amin Said Husni.

Menurut Amin, kopi juga berjasa mengangkat hajat hidup masyarakat Bondowoso. 

2. Tapai

Bondowoso adalah sentra penghasil tapai. Di sini tapai diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari kue, camilan, sampai minuman.

Tapai di Bondowoso memang beda, rasa manisnya legit dan teksturnya kencang! Tak heran tapai menjadi oleh-oleh di Bondowoso semenjak tahun 80-an.

3. Kacang Macadamia

Inilah kacang yg seringkali ada di cokelat-cokelat mahal buatan luar negeri. Bondowoso, tepatnya di kawasan Kalisat-Jampit melalui PT Perkebunan Nusantara adalah penghasil kacang Macadamia.

Sekantung kacang Macadamia harganya Rp 55.000, padahal seandainya di luar harga kacang macadamia ini relatif tinggi.

Silvita Agmasari Aktivitas pencelupan dan penjemuran batik di Batik Sumbersari, Bondowoso

4. Batik Bondowoso

Bondowoso juga milik batik! Motif khusus batik bondowoso menyesuaikan dengan alam sekitarnya yg dipenuhi tumbuhan singkong, kopi, dan bambu.

Inilah alasan mengapa membeli batik bondowoso, sebab jarang ada daerah yg memiliki motif batik tanaman singkong, kopi, dan bambu bukan?

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/02/054143927/pelesir.ke.bondowoso.jangan.lupa.bawa.buah.tangan.ini.
Terima kasih sudah membaca berita Pelesir ke Bondowoso, Jangan Lupa Bawa Buah Tangan Ini!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pelesir Ke Bondowoso, Jangan Lupa Bawa Buah Tangan Ini!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.