Pasti Kamu Belum Tahu, Bagaimana Suara Komodo?

No comment 140 views

Berikut artikel Pasti Kamu Belum Tahu, Bagaimana Suara Komodo?, Semoga bermanfaat

Jakarta – Suara kambing, kucing, ayam, anjing dan singa pasti kamu tahu. Tapi apakah kamu tahu, bagaimana sih suaranya komodo?

Beda hewan, beda lagi suaranya. Kita segala tahu, komodo yaitu hewan asli Indonesia yg cuma ada di Pulau Komodo dan sekitarnya yg masuk dalam Taman Nasional Komodo di NTT. Kita juga tahu, betapa bahaya liur Si Naga Purba itu. Tapi apakah kami tahu, bagaimana suara komodo tersebut.

detikTravel pada dua minggu dahulu dari tanggal 26-29 Oktober 2016 tiba ke Labuan Bajo, NTT dalam acara ‘Let’s Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia’. Selama 4 hari perjalanan, hampir segala destinasi didatangi dari Pulau Padar, Rinca sampai Pulau Komodo.

Ketika di Pulau Komodo, awak media diajak trekking menjelajahi hutannya. Ada beberapa pemandu yg menemani merupakan Abdullah sang ranger dan Ardiansyah atau yg akrab disapa Ian, yg yaitu orang asli Pulau Komodo.

Ian, pemuda berusia 24 tahun ini telah tahu betul tentang komodo. Dari kecil hidupnya di Pulau Komodo, membuat dia tidak asing tentang tingkah laku dan gelagat komodo yg mungkin jarang orang yang lain tahu. Seperti misalnya, saat ditanya tentang suaranya komodo.

Komodo yg jarang sekali bersuara (Afif/detikTravel)Komodo yg jarang sekali bersuara (Afif/detikTravel)

“Wah ini pertanyaan bagus. Jarang orang yg tanya tentang suaranya komodo, paling biasanya tanya tentang liurnya dan kemampuan mencium darah sejauh hitungan kilometer,” katanya.

Ian segera menjelaskan dan memeragakan suara komodo. Dengan membuka mulut lebar, memberatkan suaranya dan seperti menahan perut, dia berteriak ‘aaaaahh…’.

“Ya kira-kira begitulah, suaranya berat. Sedikit ngeri juga sih kalau mendengar segera dari komodonya,” terang Ian.

Menariknya, menurut Ian komodo tak bersuara setiap waktu melainkan cuma di saat-saat tertentu. Ini yg membuatnya berbeda dengan hewan-hewan lainnya. Hanya 3 saat-saat tertentu tersebut, komodo mulai bersuara.

“Komodo cuma bersuara ketika dia makan, ketika kawin dan ketika berkelahi sesama komodo di musim kawin,” ujar Ian.

Komodo cuma milik 3 waktu khusus bagi mengeluarkan suara (Afif/detikTravel)Komodo cuma milik 3 waktu khusus bagi mengeluarkan suara (Afif/detikTravel)

Sayangnya, ketiga momen tersebut juga susah dilihat. Untuk ketika makan, mungkin mampu dilihat ketika ada rombongan pemerintah tiba ke sana dan para ranger menyiapkan atraksi memberi makan. Sisa keduanya, dikerjakan komodo di dalam hutan yg jauh dari manusia.

“Memang sih komodo seringnya diam. Meski begitu, dia sangat sensitif terhadap suara dan mulai tertarik tiba seandainya ada kegaduhan. Makanya harus pelankan suara saat tiba ke sini,” pungkas Ian. (aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/11/075000/3342726/1519/pasti-kamu-belum-tahu-bagaimana-suara-komodo
Terima kasih sudah membaca berita Pasti Kamu Belum Tahu, Bagaimana Suara Komodo?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pasti Kamu Belum Tahu, Bagaimana Suara Komodo?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.