Pariwisata Yang Baik Dimulai Dari WC-nya, Setuju?

No comment 36 views

Berikut artikel Pariwisata yang Baik Dimulai dari WC-nya, Setuju?, Semoga bermanfaat

Jakarta – Kebersihan sekiranya menjadi faktor utama dalam dunia pariwisata. Oleh sebab itu, toilet di tempat wisata pun harus memiliki desain yg baik.

Berdasarkan rilis yg diterima detikTravel dari Kemenpar, Jumat (24/3/2017), Menpar Arief Yahya bersama Menhub Budi Karya Sumadi serta Sekjen KemenLHK Bambang Hendroyono baru saja memberikan hadiah pada para pemenang Sayembara Desain Toilet Umum di Destinasi Pariwisata ketika pembukaan South East Asia Toilet Conference di Swiss Bell Hotel Jakarta, Kamis malam (23/3).

Sayembara ini mendapat sambutan antusias masyarakat. Sebanyak 231 desain kreatif masuk ke tim juri, kemudian diseleksi menjadi 60 desain dan selanjutnya ditetapkan masing-masing sesuatu pemenang buat 6 kategori Yakni: Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pegunungan, Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pantai, Toilet Apung pada Homestay/Penginapan, Toilet Umum di Kawasan Konservasi Alam, Toilet Umum di Pasar Rakyat/Tradisional dan Toilet Umum UPT Bandara.

Menurut laporan panitia penyelenggara, peluncuran sayembara dikerjakan pada 5 Desember 2016, sementara buat pendaftaran berlangsung pada 1 Januari hinggga 28 Februari 2017 (batas akhir penerimaan karya). Sedangkan batas akhir kirim materi para finalis berlangsung pada 8 Maret 2017.

Kemudian dilanjutkan dengan proses penjurian oleh tim juri pada 14-15 Maret 2017 yg terdiri dari Oneng Setya Harini (Kemenpar), Noer Adi Wardojo (KemenLHK), Yudhi Sari Sitompul (Kemenhub), Nani Sumaryati (ATI), Prasetyoadi (Green Building Council Indonesia), dan Agus Sujatno (YLKI).

Akhirnya dipilihlah masing-masing sesuatu orang pemenang buat 6 kategori. Para pemenang mendapat hadiah uang sebesar Rp 50 juta bagi masing-masing ketegori.

Penyelenggaraan sayembara tersebut dimaksudkan buat memberi tantangan baru buat para desainer dalam membuat desain toilet yg efisien, nyaman, higienis, dan ramah lingkungan serta sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mulai pentingnya toilet umum untuk kehidupan dan kesehatan yg lebih baik, serta mendukung terciptanya iklim pariwisata yg kondusif.

Kemenpar sendiri menargetkan Indonesia berada di ranking 30 dunia serta mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019 mendatang.

“Daya saing pariwisata Indonesia ketika ini berada di ranking 50, dari semula ranking 70. Salah sesuatu kelemahan yg harus selalu diperbaiki adalah persoalan kesehatan dan higienitas. Menurut data World Economic Forum (WEF, 2015) bagi unsur kesehatan dan higienitas kami masih berada di posisi 109, ini menjadi perhatian kami bersama,” kata Arief.

Menpar Arief Yahya mengatakan, meningkatnya kunjungan wisatawan selain memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan juga memberikan ancaman serius untuk kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, melalui sayembara seperti ini diharapkan mulai mendorong keterlibatan para pemangku kepentingan di lingkungan pariwisata dan masyarakat luas buat menyediakan toilet umum yg bersih, higienis, ramah lingkungan, ramah buat semua.

“Dengan demikian pariwisata Indonesia mulai menjadi pariwisata untuk segala (tourism for all), daya saing kepariwisataan Indonesia meningkat, dan tujuan pembangunan berkelanjutan tercapai,” tutup Arief. (rdy/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/24/081006/3455664/1382/pariwisata-yang-baik-dimulai-dari-wc-nya-setuju
Terima kasih sudah membaca berita Pariwisata yang Baik Dimulai dari WC-nya, Setuju?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pariwisata Yang Baik Dimulai Dari WC-nya, Setuju?"