Pariwisata Di Selatan Bali Sudah Mentok Belum?

No comment 167 views

Berikut artikel Pariwisata di Selatan Bali Sudah Mentok Belum?, Semoga bermanfaat

Jimbaran – Mayoritas wisatawan di Bali tumplek blek di daerah Selatan. Dari Seminyak, Kuta sampai Uluwatu. Apakah telah menjadi batasnya yg maksimal?

Kadisbudpar Badung, Tjokorda Raka Darmawan menyampaikan Bali ditarget mendapatkan 8 juta wisman tahun 2019. Tahun 2016 telah bisa 4,6 juta wisman atau naik 20 persen dari 2015.

Kabupaten Badung yg memanjang dari utara Seminyak sampai selatan Uluwatu adalah tempat berkumpulnya mayoritas hotel di Bali. Bali milik 130 ribu kamar hotel dan 75 ribu kamar ada di Badung. Meski begitu, Badung tak mulai menyetop pembangunan pariwisatanya.

“70 Persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badung Rp 3,8 triliun dari pariwisata. Pajak hotel dan restoran buat pembangunan infrastruktur di Badung dan kalian bantu 6 kabupaten di Bali dari pajak itu Rp 340 miliar,” kata Darmawan di Movenpick Resort & Spa, Jimbaran, Bali, Kamis (12/1/2017) sore.

Itu sebabnya menurut dia pembangunan pariwisata tetap dilanjutkan, karena mengalir uangnya ke kabupaten tetangga buat mengurus destinasinya. Wisatawan menginap di Badung tetapi berwisata di Ubud, Karangasem, Lovina dan lain-lain daerah di Bali. Bahkan Badung masih berencana tidak mengurangi destinasi baru.

“Kami target tiap tahun ada 1 destinasi baru. Total telah ada 36 objek wisata dan 11 desa wisata,” jelasnya.

Darmawan juga menyambut positif munculnya hotel baru seperti Movenpick Resort & Spa Jimbaran. Dia tak kuatir Kabupaten Badung kebanyakan hotel.

“Kita nggak bicara moratorium hotel demi penyerapan tenaga kerja dan investisi. Tapi kami menata dan mengawasi. Membatasi dari luas tanah minimal 5.000 m2. Kalau Kuta Utara minimal 7.500 m2, kalau Kuta Selatan minimal 1 hektar. Ini bagi mengerem, kalau tak hotel bujet mulai berkembang,” kata Darmawan.

Darmawan menegaskan masih ada ruang buat berkembangnya pariwisata di Badung. Meski begitu Darmawan mengingatkan pelaku usaha pariwisata memberikan sertifikasi pekerja pariwisata.

“Kita menolong 800-1.000 orang pertahun mendapatkan sertifikasi,” tutupnya. (bnl/bnl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/13/070236/3394812/1382/pariwisata-di-selatan-bali-sudah-mentok-belum
Terima kasih sudah membaca berita Pariwisata di Selatan Bali Sudah Mentok Belum?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pariwisata Di Selatan Bali Sudah Mentok Belum?"