Pariwisata Ambon Siap Go Digital

No comment 233 views

Berikut artikel Pariwisata Ambon Siap Go Digital, Semoga bermanfaat

Jakarta – Ambon bakal gencar mengenalkan potensi wisata. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dan mengajak anak muda, buat jor-joran promosi via digital.

Antusiasme tinggi lahir di Provinsi Maluku. Bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yg mulai dilaksanakan akan tanggal 4 hingga 10 Februari mendatang di Ambon, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yg mulai digelar pada tanggal 5 Februari, 2017 di Hotel Amaris, Ambon.

Dalam acara tersebut rencananya mulai hadir nara sumber andal yakni Pokja PIC Percepatan Mandalika Kemenpar, Taufan Rahmadi dan Anggota Tim Percepatan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi dan Seni Budaya Kemenpar Agus Hartono. Serta, dua pejabat dari Maluku.

“Semua rangkaian yg dikerjakan Kemenpar di acara HPN 2017 ini sangat bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Maluku. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yg setinggi-tinggi kepada Panitia Hari Pers Nasional dan Kemenpar,” kata Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dalam rilis yg diterima detikTravel, Minggu (5/2/2017).

Kata Zeth, di tengah keadaan digitalisasi ketika ini, perubahan jaman dan teknologi memang telah harus diterima oleh kalangan manapun dan siapapun demi memanfaatkan perkembangan jaman yg sangat pesat.

“Go Digital memang telah harus kalian lakukan sekarang juga, kalau tak ya kalian ketinggalan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan pembentukan GenPi Maluku yaitu salah sesuatu bentuk komitmen Kemenpar buat menghidupkan media sosial (medsos) di kalangan anak muda Maluku, khususnya di Ambon. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti menjelaskan GenPI yaitu generasi millennial yg mempunyai kemampuan lebih dalam dunia internet.

“Ini generasi berbasis komunitas yg memililiki aktivitas rutin dan aktif dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia baik melalui blog, media sosial (medsos), dan lainnya kepada masyarakat luas. Selamat kepada GenPI Maluku atas pembentukannya dan mulai langsung di Launching pada tanggal 7 Februari di Ambon berbarengan dengan momentum HPN 2017,” tutur Esthy.

Tahun ini Kemenpar melalui Asisten Deputi Startegi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N) Kemenpar mulai selalu mengembangkan virus GenPI dengan pembentukannya di dua provinsi yang lain secara bertahap. Kata Esthy, GenPI dibentuk sejak Agustus 2016 atas inisiatif Taufan Rahmadi yg kemudian direalisasikan bersama Asdep S2PN.

“Semula GenPI dibentuk sebagai bagian tim pemenangan kompetisi World Halal Tourism Award (WHTA) tahun 2016 dan hasilnya luar biasa, Indonesia berhasil memenangkan 12 penghargaan bergengsi tersebut dari 16 kategori yg dikompetisikan, ini harus dijaga dan dilanjutkan,” jelasnya.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya GenPI dijadikan komunitas resmi Kemenpar yg mempunyai peran bagi menolong Kemenpar dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia. Tujuan pembentukan GenPI buat mendukung program pemasaran pariwisata Indonesia sehingga terjadi percepatan, peningkatan, dan perluasan capaian promosi pariwisata Indonesia. Menurut Esthy, sampai ketika ini telah ada 193 orang terdaftar menjadi anggota GenPI dari 4 provinsi yakni Jawa Barat, Aceh, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Syarat menjadi GenPI, sambung Esthy, orangnya kreatif, inovatif, dan aktif bermedsos terkait parwisata. Selain itu mempunyai komunitas dan tentunya tertarik bagi mempromosikan dan mengembangkan Pariwisata Indonesia. Adapun tugas GenPI, bersama Kemenpar ikut mempromosikan pariwisata Indonesia secara kreatif, inovatif, dan inspiratif lewat beragam medsos kepada masyarakat luas.

Kata wanita berhijab itu, GenPI di sebuah provinsi dibentuk dan dikukuhkan oleh Kemenpar bersama dengan Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) setempat. “Tahun ini bertambah lagi jumlah GenPI menjadi lima provinsi dengan terbentuknya GenPI Maluku yg mulai dideklarasikan bersamaan dengan momentum HPN 2017,” terangnya.

Pada tanggal 5 Februari nanti mulai dimulai pemilihan koordinator sekaligus pembentukan GenPI Maluku di Hotel Amaris Ambon. Kemudian diteruskan dengan pendeklarasian GenPI Maluku tanggal 7 Februari mendatang di Islamic Center Ambon bersamaan dengan kegiatan seminar ‘The Power of Branding’ yg dihelat Kemenpar dalam rangka menyemarakkan HPN 2017. (aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/05/114852/3414114/1382/pariwisata-ambon-siap-go-digital
Terima kasih sudah membaca berita Pariwisata Ambon Siap Go Digital. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pariwisata Ambon Siap Go Digital"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.