Pantai Eksotis Di Halaman Rumah Warga Buton

No comment 139 views

Berikut artikel Pantai Eksotis di Halaman Rumah Warga Buton, Semoga bermanfaat

BUTON, KOMPAS.com – Ombak yg terhempas ke pantai terdengar dari kejauhan. Air laut yg tenang dan jernih membuat siapa pun ingin menceburkan diri, atau bermain pasir di pesisir laut.

Terlihat sebuah mata air yg mengalir dari balik batu karang yg tak terlalu besar. Air tersebut kelihatan sangat jernih dan rasanya pun tawar. Bibir pantai dipenuhi pasir yg berkerikil. 

Begitu kira-kira gambaran panorama Pantai Lingge-lingge yg berada di Kelurahan Pasarwajo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Menurut seorang warga sekitar, Hartia Marten (34), nama Lingge-lingge berasal dari nama batu karang yg disebut Lingge-lingge.

BACA JUGA: Indahnya Alam dari Benteng Keraton Kesultanan Buton

Dahulu, sebelum PDAM masuk ke rumah warga, batu lingge-lingge menjadi tempat permandian warga bila air laut surut.

“Bahkan ada yg main bola kaki di pantai dan lakukan permainan di pantai. Tapi sekarang PDAM telah masuk, jadi tak (begitu) lagi. Hanya sering ada orang sesekali ingin tetap berenang di pantai itu, apalagi jaraknya sangat dekat dengan rumah,” kata Hartia, Sabtu (14/1/2017).

KOMPAS.COM / DEFRIATNO NEKE Pantai Lingge-Lingge yaitu pantai yg menyimpan kenangan untuk warga sekitar. Pantai lingge-lingge ini mempunyai pasir yg berkerikil namun air laut yg jernih. Terlihat beberapa orang warga sekitar sedang mencuci pakaian disekitar batu Lingge-Lingge

Jarak antara Pantai Lingge-lingge dengan rumah warga sangat dekat, yakni cuma sekitar lima meter saja. Terlihat dua anak kecil berlari ke arah pantai dan segera menceburkan diri ke laut. Anak-anak tersebut sangat menikmati lautan yg tenang tersebut.

Tak lama kemudian, beberapa orang dewasa duduk disekitar batu lingge-lingge sambil mengeluarkan pakaian dari dalam ember yg tak terlalu besar. Keduanya kemudian mencuci pakaian di sekitar batu tersebut. Mata mereka sesekali melihat ke arah anak-anak yg sedang berenang di laut.

BACA JUGA: Indahnya Bukit Teletubbies di Buton

“Kami tidak jarang bersama teman-teman rekreasi di pantai ini. Bawa ikan bakar dan makan di Pantai Lingge-lingge ini. Seru juga, apalagi rekreasi di sini tak makan ongkos apapun alias gratis,” ujar seorang warga lainnya, Muhaimin Dobe.

Ia menambahkan, Pantai Lingge-lingge terus menjadi pantai yg dirindukan buat warga sekitar yg sedang pergi merantau. Ketika mereka pulang kampung, pantai Lingge-lingge menjadi pantai pertama yg dikunjungi.

BACA JUGA: Karnaval Budaya Meriahkan Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton

“Kalau ada warga sini yg pulang kampung, pasti segera mulai mandi di pantai ini karena pantai ini banyak menyimpan memori kenangan yg indah buat warga di lingkungan sini,” ucap Muhaimin.

Nah, buat Anda yg melakukan perjalanan ke Kabupaten Buton, tidak ada salahnya menyambangi Pantai Lingge-lingge. Terlepas dari keindahan dan keunikannya, pantai ini memiliki cerita yg melekat erat di hati masyarakat Buton.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/15/110200027/pantai.eksotis.di.halaman.rumah.warga.buton
Terima kasih sudah membaca berita Pantai Eksotis di Halaman Rumah Warga Buton. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pantai Eksotis Di Halaman Rumah Warga Buton"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.