Pantai Cantik Di Pulau Pongok, Bangka

No comment 129 views

Berikut artikel Pantai Cantik di Pulau Pongok, Bangka, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Mau liburan akhir minggu antimainstream di Bangka, mencoba mampir ke Pulau Pongok. Pulau ini milik pantai cantik yg masih sepi, namanya Batu Tambun.

Dari dulu, Pulau Pongok di Kabupaten Bangka Selatan memang terkenal mulai hasil lautnya yg melimpah. Ikan-ikan dan beragam macam hewan laut yang lain dengan gampang dapat didapati di daerah ini.

Maklum saja, laut di sini memang masih terjaga dengan sempurna. Terumbu karang misalnya, dengan mata telanjang sekalipun mampu disaksikan dengan terang dari atas kapal yg hendak menepi atau meninggalkan pulau itu. Selain itu, ternyata Pulau Pongok juga milik keindahan yang lain berupa pantai yg tidak kalah alami. Pantai Batu Tambun namanya.

Pantai Batu Tambun terletak di sisi timur Pulau Pongok, atau sekitar 8 kilometer dari pusat desa. Sebagaimana namanya, di pantai ini memang begitu banyak batu granit khas Pulau Bangka, dari ujung pantai sesuatu ke ujung pantai yg satunya lagi.

Tambun dalam bahasa lokal artinya adalah banyak, sehingga Batu Tambun berarti batu yg jumlahnya banyak. Betapa tidak, di pantai yg menghadap segera ke perairan Selat Gaspar (selat yg memisahkan antara Pulau Bangka dan Pulau Belitung) ini, memang terhampar begitu banyak batu bak sengaja dihamburkan begitu saja oleh entah siapa.

Manakala mengunjungi Pulau Pongok dua waktu yg lalu, aku pun mendatangi pantai yg menurut penuturan orang-orang yg pernah ke sana milik air laut yg sangat bening.

Cocok buat berendam sehabis beraktivitas, begitu cerita mereka. Itu sebabnya, setelah Pak Ibrahim selesai mengisi sebuah acara di SDN 1 Kepulauan Pongok, kita pun menetapkan bagi mengisi sisa waktu sore itu buat pergi ke Pantai Batu Tambun.

“Siapkan celana pendek, kalian mulai mandi di pantai,” begitu celoteh Pak Ibrahim di sela-sela persiapan kalian seraya menunggu sebuah mobil dengan bak terbuka yg mulai membawa menuju tepi pantai.

Mula-mula, jalan yg kita lewati adalah jalan yg telah dilapisi dengan aspal sekalipun tak selebar dan semulus jalan-jalan berlapis aspal yg ada di Pulau Bangka pada umumnya.

Beberapa kilometer menjelang bibir pantai, aspal yg legam berganti dengan jalan yg cuma dilapisi oleh tanah merah saja. Sekalipun demikian, jalan ini tetap nyaman dilewati, hampir tak ada gejolak sama sekali sekalipun kalian berada di atas sebuah mobil pick up dengan bak terbuka.

Lima menit kemudian, kita datang di tepi Pantai Batu Tambun. Tulisan ‘Wisata Pantai Batu Tambun’ yg dibuat oleh mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi negeri di Bangka, menyambut kedatangan kita menjelang petang itu. Suara gelombang pasang terdengar sampai ke dasar telinga.

Ya, sore menjelang petang itu air laut di Pantai Batu Tambun memang sedang pasang, hingga menutup sebagian besar bibir pantai yg seharusnya terhampar luas.

Sementara kawan-kawan yang lain segera menceburkan diri ke dalam laut, aku sendiri segera berjalan-jalan menelusuri Pantai Batu Tambun hingga ke bagian paling ujung. Ya, sebagaimana namanya, pantai ini memang dibubuhi begitu banyak batu-batu. Sampai jumpa lagi, Pongok!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/19/114000/3232789/1025/pantai-cantik-di-pulau-pongok-bangka
Terima kasih sudah membaca berita Pantai Cantik di Pulau Pongok, Bangka. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pantai Cantik Di Pulau Pongok, Bangka"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.