Panjat Tebing Untuk Segala Usia, Hanya Di Gunung Parang

No comment 107 views

Berikut artikel Panjat Tebing untuk Segala Usia, Hanya di Gunung Parang, Semoga bermanfaat

PURWAKARTA, KOMPAS.com – Via feratta, begitu nama jalur panjat tebing yg ada di Gunung Parang. Via feratta berasal dari bahasa Italia yakni “tangga” dan “besi”. Ini yaitu jalur berupa tangga besi yg ditanam di sepanjang dinding tebing.

Gunung Parang di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, adalah tempat pertama yg mengadopsi via feratta. Badega Gunung Parang adalah komunitas sekaligus operator wisata lokal yg menggagasnya.

(Baca juga: Via Feratta, Saat Panjat Tebing Jadi Rekreasi Keluarga)

“Jalur ini digagas pada 2013. Setahun kemudian akan dilaksanakan. Tangga-tangga akan ditanam,” tutur Dhani Daelami, penggagas Badega Gunung Parang kepada KompasTravel, Rabu (10/8/2016).

Kini, Gunung Parang milik via feratta dengan ketinggian 100 meter, 300 meter, 500 meter, dan yg tertinggi adalah 700 meter. Siapa pun dapat mendaki via feratta, dari anak kecil hingga orang tua.

“Usia berapa saja boleh mendaki. Syaratnya, tak milik penyakit jantung atau ayan. Tinggi badan minimal 1 meter,” tambah Dhani.

Besi yg ditanam di sepanjang dinding Gunung Parang masing-masing berjarak 50 centimeter dengan kedalaman 20 centimeter.

“Tiap orang juga mengenakan pengaman berupa tali panjat, lanyard, karbiner, helm, dan harness. Kami milik tim guide dan tim rescue yg berbeda. Pokoknya, safety tetap nomor satu,” papar Dhani.

Untuk mencobanya, Anda cuma merogoh kocek akan Rp 65.000 per orang bagi ketinggian 100 meter. Titik ini jadi favorit pengunjung, karena tidak butuh “perjuangan” besar bagi melihat Purwakarta dari ketinggian.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/11/110200127/Panjat.Tebing.untuk.Segala.Usia.Hanya.di.Gunung.Parang
Terima kasih sudah membaca berita Panjat Tebing untuk Segala Usia, Hanya di Gunung Parang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Panjat Tebing Untuk Segala Usia, Hanya Di Gunung Parang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.