Panduan Lengkap Mudik Lewat 4 Tol Baru Di Pulau Jawa

No comment 121 views

Berikut artikel Panduan Lengkap Mudik Lewat 4 Tol Baru di Pulau Jawa , Semoga bermanfaat

KOMPAS.com-Jelang Hari Raya Idul Fitri 2016, keadaan jalan di dua daerah akan dipadati oleh para pemudik. Khusus para pemudik di Pulau Jawa, ada kabar gembira. Empat jalan tol baru dibuka buat memperlancar arus kendaraan. Berikut adalah empat dari lima jalan tol baru yg telah beroperasi dan mampu menjadi alternatif jalur mudik Anda:

1. Tol Pejagan-Brebes Timur

Guna mengurai kemacetan ketika keluar dari tol Kanci-Pejagan, kini sudah beroperasi tol Pejagan-Brebes Timur. Kondisi tol ini telah layak, dan bisa berfungsi secara penuh. Di KM 252 ke arah Brebes Timur terdapat rest area yg bisa dimanfaatkan. Tarif tol Pejagan-Brebes Timur dibanderol Rp 20.000

2. Bawen- Salatiga

Kondisi tol masih dalam tahap pengerjaan dan belum laik beroperasional secara penuh. Namun ruas tol ini mulai digunakan seandainya jalan penting Solo-Salatiga terlalu padat. Akses masuk tol dimulai dari jembatan Tuntang. Pemudik harus lebih jeli, sebab jalan masuk tol ini berada di jalan desa. Tol ini cuma dibuka sampai pukul lima sore, dan tergantung keputusan kepolisian setempat. Memasuki tol ini gratis alias tidak dipungut biaya. 

3. Solo-Ngawi

Jalan tol ini telah cukup layak meskipun belum difungsikan secara penuh. Khusus difungsikan cuma buat mengatasi arus mudik dan balik. Memasuki tol ini tidak dipungut biaya.  

4. Kertosono- Mojokerto

Memasuki daerah Jawa Timur pemudik bisa memakai ruas tol Kertosono-Jombang, kemudian Mojekorto-Krian. Dua tol ini menjadi bagian dari pembangunan ruas tol Kertosono sampai Surabaya. Memasuki tol ini dibanderol Rp 10.000.  

5. Gempol-Rembang

Sementara tol Gempol-Rembang telah layak digunakan tapi sayang masih terhambat karena persoalan operasional izin masyarakat setempat.

Keseluruhan ruas tol ini menjadi rencana pemerintah bagi membangun jalur transportasi Trans Jawa. Dari segala tol tersebut cuma Tol Pejagan-Brebes Timur yg memiliki area istirahat.

Jangan lupa siapkan uang pas bagi memasuki tol bagi mengurangi antrian pintu masuk. Sebaiknya gunakan e-toll ketika pembayaran. Selain lebih cepat, pemudik dapat mendapatkan diskon 20 persen tarif tol bagi yg memakai kartu e-toll dalam setiap transaksi.

Tak lupa, beristirahatlah seandainya memang lelah. Selamat mudik dan berkumpul bersama keluarga. 

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan – Sragen

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/01/180900327/panduan.lengkap.mudik.lewat.4.tol.baru.di.pulau.jawa.
Terima kasih sudah membaca berita Panduan Lengkap Mudik Lewat 4 Tol Baru di Pulau Jawa . Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Panduan Lengkap Mudik Lewat 4 Tol Baru Di Pulau Jawa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.