Pameran Virtual Museum Brawijaya, Hadirkan Majapahit Secara Digital

Berikut artikel Pameran Virtual Museum Brawijaya, Hadirkan Majapahit Secara Digital, Semoga bermanfaat

MALANG, KOMPAS.com – Pusat Studi Peradaban pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya mengadakan Pameran Virtual Museum Brawijaya, Jumat (25/11/2016). Pameran itu menghadirkan sejarah Kerajaan Singosari dan Majapahit secara virtual.

Dalam pameran itu, pengunjung dapat melihat sejarah Kerajaan Singosari hingga akhir Kerajaan Majapahit beserta peristiwa-peristiwa utama pada masa pemerintahan masing-masing raja. Selain itu, pameran itu juga menyediakan dokumentasi peninggalan Majapahit berupa multimedia interaktif dan aplikasi berbasis augmented reality terhadap candi dan pusaka era Majapahit.

Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati gambaran suasana pada era 1293 – 1527 masehi ketika Majapahit berkuasa.

“Virtual ini kan (seperti) nyata. Jadi dapat melihat dari berbagai dimensi, dari dua sisi,” kata Ketua Pusat Studi Peradaban Universitas Brawijaya, M Fadli.

Fadli menjelaskan, pameran itu bermula dari sebuah ide bagi memperkenalkan sejarah kata Brawijaya. Sebab, Brawijaya yaitu nama pada kampus tersebut. Selama ini banyak yg mengira bahwa Brawijaya itu yaitu nama seorang raja.

Padahal Brawijaya itu yaitu sebutan buat sejumlah raja di Kerajaan Majapahit. Dalam sejarah, Majapahit dipimpin oleh lima Brawijaya atau sampai Brawijaya V.

“Ada nama Brawijaya masak tak kenal nama Brawijaya. Bagaimana seseorang menggunakan satu tetapi tak tahu sejarahnya kan kurang pas untuk dunia akademik,” jelasnya.

Rencananya, pihaknya mulai membangun Museum Nusantara di UB Forest yg ada di Karang Ploso, Kabupaten Malang. Museum itu sebagai tindak lanjut dari pameran tersebut. Museum itu juga mulai dikemas virtual.

“Proposalnya telah diajukan ke Pak Rektor,” ungkapnya.

Ia sengaja memilih menghadirkan museum dengan konsep virtual. Hal itu buat membawa pengunjung kepada suasana masa lalu, suasana ketika Kerajaan Singasari dan Majapahit masih berdiri.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/26/192031927/pameran.virtual.museum.brawijaya.hadirkan.majapahit.secara.digital
Terima kasih sudah membaca berita Pameran Virtual Museum Brawijaya, Hadirkan Majapahit Secara Digital. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pameran Virtual Museum Brawijaya, Hadirkan Majapahit Secara Digital"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.