Pagoda Porselen Di Nanjing, Tua Tapi Futuristik

No comment 66 views

Nanjing

Nanjing di China menyimpan berbagai bangunan bersejarah yg menarik dikunjungi. Salah satunya Pagoda Porselen yg berusia ratusan tahun namun futuristik.

Mungkin begitu hebatnya pertempuran pemberontakan Taiping pada abad ke-19. Hingga sejumlah situs kuno hancur dan dijarah. Begitu pula dengan Pagoda Porselen atau Porcelain Tower di Kuil Bao’en (Kuil Syukur) di bagian selatan Sungai Qinhuai di kota Nanjing, Provinsi Jiangsu, Tiongkok, hancur dan terabaikan sekian lama.

Namun, akhirnya pemerintah Tiongkok melalui bantuan seorang pengusaha besar bernama Wang Jianlin membiayai renovasi Pagoda Porselen sebesar 1 miliar Yuan atau US$ 156 juta (Rp 2,106 triliun) pada tahun 2010. Setelah renovasi awal dikerjakan tahun 2007, akhirnya Pagoda Porselen (Porcelain Tower of Nanjing) dibuka bagi umum pada 15 Desember 2015 lalu.

“Porselen Tower of Nanjing Heritage Park ini luasnya 13,3 hektar. Di dalam terdapat situs Pagoda Porselin dan Kuil Bao’en atau Da Bao En. Semua ini menjadi bagian dari Museum Nanjing,” terang Anna Le, pemandu wisata yg mengantar rombongan wartawan Jakarta bersama Thai Lion Air, minggu lalu.

(Rizal/detikTravel)

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung mulai dikenai biaya masuk sebesar 120 Yen atau Rp 250.000. Wisatawan mulai dipandu staf museum, yg mulai memberikan earphone penerjemah.

Di dalam museum ini dipasang sejumlah artefak atau bagian-bagian asli dari bangunan Pagoda Porselen dan Kuil Bao’en. Termasuk pintu asli pagoda itu sendiri yg masih utuh.

Pada bagian lain, mulai dipasang sejumlah artefak berupa uang kuno di masa Dinasti Tang, Dinasti Song dan Dinasti Ming. Sebagian yang lain berupa maket dan diorama tentang suasana di masa kehidupan masyarakat dan raja, dan para pendeta Budha. Yang menarik, museum ini berdiri di atas bekas lahan Kuil Bao’en. Sehingga kelihatan dua ekskavasi (penggalian situs).

Bangunan bangsal (Rizal/detikTravel)

Juga kelihatan rapinya jalan yg terbuat dari batu hitam di masa kejayaan tiga dinasti. Semua ditutup kaca tebal, sehingga ketika kami berjalan di atasnya, seakan pengunjung berjalan di jalan di masa lalu. Baru pada bagian belakang, terlihatlah bangunan Pagoda Porselen hasil renovasi.

Saat ini, di dalam pagoda dilengkapi lift bagi naik ke puncaknya. Dari puncak mulai kelihatan pemandangan segala kota Nanjing yg dikelilingi Tembok Benteng sepanjang 20 km peninggalan Dinasti Ming.

Pagoda ini dibangun oleh Kaisar Yong Le dari Dinasti Ming abad ke-15, merupakan dari tahun 1402-1424. Yong Le membangun pagoda sebagai persembahan kepada ibunya yg sudah meninggal dunia.

Pagoda ini berbentuk segi delapan dengan diameter dasar sekitar 97 kaki (30 meter), ketinggian 260 kaki (79 meter), dengan tangga di tengah pagoda, yg berputar ke atas 184 langkah. Bagian atas atap ditandai dengan kubah emas berbentuk nanas.

Diorama pembangunan Pagoda porselen dan Kuil Bao’en (Rizal/detikTravel)

Pada tahun 1801, pagoda tersambar petir dan sempat hacur bagian atasnya. Pada tahun 1843, seorang traveler yang berasal Belanda bernama Johan Nieuhof menemukan pagoda ini dan memasukkannya ke dalam ‘Tujuh Keajaiban Dunia’.

Lalu tahun 1850-an meletus perang saudara yg dikenal Pemberontakan Taiping. Ketika pemberontak Taiping menguasai Nanjing, pagoda dan Kuil Bao’en ikut dihancurkan, sebagai tanda kehancuran Dinasti Qing pada tahun 1856.

Uniknya, memakai batu bata dari porselen putih, dengan hiasan dari glasir (glazed) dan periuk yg memantulkan cahaya dari 140 lampu gantung mampu menghasilkan warna-warni bergambar hewan, bunga dan lanskap. Bata putih dari porselen ini mencerminkan sinar matahari di waktu siang.

Pagoda Porselen yaitu yg tertinggi ketiga dan tertua ketiga di Negeri Tirai Bambu itu. Dua diantaranya, Pagoda Liaodi di Kaiyuan, Dingzhou, provinsi Heibei memiliki tinggi 275 kaki (84 meter) dibangun pada masa Dinasti Song tahun 960-1279. Dan, Pagoda Kayu di Chang’an setinggi 330 kaki (100 meter) dibangun pada masa Kaisar Yang Dark Sui tahun 611.

Ukiran berusia 600 tahun dari Kuil Bao’en (Rizal/detikTravel)

(zal/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/123500/3218270/1520/pagoda-porselen-di-nanjing-tua-tapi-futuristik
Terima kasih sudah membaca berita Pagoda Porselen di Nanjing, Tua Tapi Futuristik. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pagoda Porselen Di Nanjing, Tua Tapi Futuristik"