Padepokan Bagong, Saksi Bisu Rangga Dan Cinta Di Film AADC 2

No comment 191 views

Berikut artikel Padepokan Bagong, Saksi Bisu Rangga dan Cinta di Film AADC 2, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kisah romantisme Rangga dan Cinta di film AADC memang legenda. Salah sesuatu tempat nostalgia mereka adalah Padepokan Seni Bagong Kussudiardja.

Kisah cinta romantis antara Rangga dan Cinta dalam sekuel filem Ada Apa Dengan Cinta memang sangat manarik perhatian para pecinta filem dan para traveler. Kota Jogja dipilih menjadi salah sesuatu lokasi pengambilan gambar, karena Jogja memang memiliki banyak sekali objek wisata yg mengandung unsur keindahan dan juga seni budaya yg kental.

Salah satunya adalah Padepokan Seni Bagong Kussudiardja yg ber lokasi di dusun Kembaran, Kabupaten Bantul. Di sini lah adegan AADC dimana terjadi perdebatan antara Rangga dan Cinta terjadi yg berujung dengan di tamparnya pipi Rangga oleh Cinta. Padepokan Seni Bagong Kussudiardja ini telah berdiri sejak 2 Oktober 1978 oleh seniman tari dan lukis yg sangat dikenal merupakan Bagong Kussudiardja.

Letaknya yg berada di pinggir sunga Koteng membuat suasana tempat ini cukup tenang dengan gemericik suara air sungai. Suara-suara burung bekicau dan serangga serangga di antara dahan dahan pohon yg rindang juga tidak mengurangi nyaman siapapun yg berada di padepokan ini.

Terdapat sebuah panggung berbentuk pendopo cukup besar yg berfungsi sebagai tempat pertunjukan dengan kapasitas 500 orang. Selain itu juga terdapat dua studio multifungsi yg biasa digunakan buat menunjang proses kreatif berkesenian.

Padepokan Bagong ini juga yaitu rumah budaya yg berfungsi sebagai akomodasi buat para seniman atau tamu yg berkunjung. Kegiatan petunjukan seni di Padepokan Bagong ini secara rutin dikerjakan paling sedikit sesuatu kali dalam sebulan.

Salah sesuatu yg menarik perhatian aku adalah di bagian teras dalam terdapat patung Bagong Kussudiardja sedang duduk bersantai dengan handuk di pundaknya. Patung seakan sedang beristirahat dari kegiatan latihan tari.

Patung ini menghadap ke panggung padepokan yg digunakan sebagai tempat pertunjukan seolah sedang ikut menonton petunjukan atau latihan pra seniman sehari-hari di area padepokan. Padepokan Bagong kini dipimpin oleh anak dari Bagong Kussudiardja sendiri yg juga seniman merupakan Butet Kertarajasa yg yaitu saudara kandung Djaduk Ferianto.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/30/110500/3357922/1025/padepokan-bagong-saksi-bisu-rangga-dan-cinta-di-film-aadc-2
Terima kasih sudah membaca berita Padepokan Bagong, Saksi Bisu Rangga dan Cinta di Film AADC 2. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Padepokan Bagong, Saksi Bisu Rangga Dan Cinta Di Film AADC 2"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.