Orang-orang China Yang Masih Hidup Di Gua

No comment 182 views

Berikut artikel Orang-orang China yang Masih Hidup di Gua, Semoga bermanfaat

Xi’an – Mungkin belum banyak yg tahu, ternyata masih banyak orang-orang China yg hidup di gua. Mereka mengeruk tebing atau tinggal dalam aula gua yg luas.

Yaodong, begitulah sebutannya yg milik arti Rumah Gua. Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Senin (13/2/2017) orang-orang China yg masih hidup dengan cara Yaodong tersebar di berbagai tempat. Ada yg di Kashgar dan Turpan di Provinsi Xinjiang, Pingliang dan Gannan di Provinsi Gansu, serta Qianxian, Yan’an, Linfen dan Taiyuan di Provinsi Shanxi.

Paling banyak, Yaodong ditemui di Provinsi Shanxi yg berjarak 1 jam naik peswat dari ibukota negara China, Beijing. Rumah-rumah guanya berlokasi di dataran tinggi yg mana milik beberapa tipe. Satu dibangun dengan cara dikeruk dan satunya lagi dengan menempati gua alami.

Kebanyakan, orang-orang China mengeruk tebing dan membuatnya menjadi banyak rumah. Satu rumah gua biasanya milik panjang 6 meter dan lebar 3 meter. Jangan salah, walau tinggal di gua tapi perabotan di dalamnya layak rumah-rumah pada umumnya. Ada kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur hingga tersedia listrik. Kabarnya, masih ada puluhan juta orang China yg tinggal di dalam gua.

Rumah-rumah gua di China (TanSuo Cultural Travel Solution Ltd/Facebook)Rumah-rumah gua di China (TanSuo Cultural Travel Solution Ltd/Facebook)
Suasana di dalam rumah guanya (Ekaterina Macias Pavelieva/Facebook)Suasana di dalam rumah guanya (Ekaterina Macias Pavelieva/Facebook)

Sejarah mencatat, tinggal di dalam gua telah dipraktekan sejak dinasi Qin atau abad ke-3 sebelum Masehi. Artinya telah dikerjakan sejak ribuan tahun silam dan masih selalu dikerjakan hingga sekarang ini. Yang membedakan, sekarang guanya ditambahkan bangunan kayu agar kelihatan lebih menarik atau membangun tembok tambahan agar kelihatan seperti rumah sungguhan.

Mengapa memilih tinggal di dalam gua? Alasannya adalah tinggal di dalam gua dan daratan tinggi membuat mereka aman dan nyaman. Meski musim panas melanda, suhu di dalam gua tetap kisaran pada angka 10 sampai 22 derajat Celcius, dengan kelembaban 30 sampai 75 persen. Mereka pun tak merusak lingkungan.

Yaodong yg kini lebih 'modern' dan jadi destinasi wisata (Ben Rhouma Abdelwahab/Facebook)Yaodong yg kini lebih ‘modern’ dan jadi destinasi wisata (Ben Rhouma Abdelwahab/Facebook)

Alasan paling penting tinggal di gua untuk orang-orang China tersebut merupakan merasakan kehidupan yg tenang. Jauh dari hiruk pikuk kehidupan metropolitan serta terbebas dari polusi udara.

Bagi traveler yg berpergian ke Provinsi Shanxi, telah banyak agen wisata yg menawarkan plesiran ke Yaodong. Melihat rumah gua ala orang-orang China dari dekat dan kehidupannya, bakal jadi pengalaman yg seru. (aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/13/071210/3420602/1520/orang-orang-china-yang-masih-hidup-di-gua
Terima kasih sudah membaca berita Orang-orang China yang Masih Hidup di Gua. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Orang-orang China Yang Masih Hidup Di Gua"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.