Operasional Bus Wisata “Uncal” Masih Dibahas

No comment 159 views

Berikut artikel Operasional Bus Wisata “Uncal” Masih Dibahas, Semoga bermanfaat

BOGOR, KOMPAS – Pemkot Bogor mengujicobakan bus wisata ”Uncal” pada Sabtu dan Minggu lalu. Walaupun baru uji coba, banyak warga yg berminat naik bus gratis ini. Sementara operasional resmi bus ini masih dalam pembahasan.

Pada Sabtu (7/1/2017), warga menunggu di kawasan Tugu Kujang. ”Kami menunggu di Tugu Kujang sesuatu jam. Panas-panasan. Ternyata mesti ke Balai Kota. Kami dahulu naik angkot ke Balai Kota. Senang mampu naik Uncal,” kata Nurhalimah (51), warga Bogor Timur, yg naik bus ini bersama keponakannya yg yaitu warga Depok, yakni Putri (13) dan Atika (11).

(BACA: Minggu, Yuk Naik Bus Wisata “Uncal” di Bogor)

Mulyono Herlambang (66) menyempatkan ke Balai Kota dengan tiga cucunya. ”Saya terkejut juga, ternyata banyak obyek wisata di kota. Selama ini yg populer hanya Kebun Raya, Taman Safari, dan Taman Matahari. Ternyata sekarang banyak taman di kota,” kata warga Tajur, Bogor Timur, itu.

Masih ditata

Bus wisata, kata Wali Kota Bogor Bima Arya, mulai singgah di obyek wisata, termasuk wisata kuliner. Jika jumlah bus telah memadai, wisatawan bisa naik-turun di titik-titik obyek wisata itu, tak harus di halaman Balai Kota. Rute bus juga mulai diperluas sehingga menjangkau seluruh obyek wisata di segala Kota Bogor.

”Sambil berjalan, kita mulai evaluasi dan merapikan jalan-jalan yg mulai dilalui Uncal. Seperti tadi kalian lihat masih ada jalan yg kiri-kanannya kurang baik, pohon di taman kurang terawat. Tempat makan-minum juga ada yg belum tertata baik,” katanya.

Bus wisata ini akan diperkenalkan pada 31 Desember 2016. Hingga kemarin, belum dipastikan jadwal operasional bus wisata ini. Menurut rencana, bus beroperasi cuma setiap Sabtu dan Minggu. ”Mungkin harus dipikirkan, sore juga beroperasi, tak hanya pagi hari seperti rencana awal,” katanya.

Rutenya pun belum pasti. Ketika uji mencoba kemarin, bus menempuh rute Balai Kota-Jalan Jenderal Sudirman-Taman Heulang-Jalan A Yani-Sempur-Taman Kencana-Jalan Salak-Jalan Jalak Harupat-Jalan Pajajaran-Tugu Kujang-Jalan Otista-Jalan Juanda-Balai Kota.

KOMPAS/RATIH P SUDARSONO Bus wisata Uncal di Kota Bogor diuji mencoba bagi rute jelajah wisata, Sabtu (7/1/2017). Sejumlah obyek wisata di pusat Kota Bogor dilalui bus wisata ini. Pemkot Bogor masih menyusun jadwal operasi tetap bus ini. Adapun penumpang tak dipungut biaya.

Sepanjang perjalanan, mulai ada pemadu wisata yg menjelaskan apa saja yg ada sepanjang jalan berikut sejarah, riwayat, dan kondisinya.

Bima berharap, pemkot memiliki paling tak lima bus pada tahun ini sehingga wisatawan bisa mengelilingi Kota Bogor tanpa memakai kendaraan pribadi dan gratis. ”Saat ini baru sesuatu bus, CSR (corporate social responsibility) atau hibah dari Bank Jabar Banten,” katanya.

Satu perusahaan lain, kata Bima, telah menyatakan mulai menghibahkan bus.

Pengoperasian dan perawatan bus ini diserahkan kepada Koperasi Karyawan Dishub. ”Mereka yg mulai merawat dan memelihara tanpa bantuan dana dari kami. Mereka harus dapat mencari sponsor,” katanya. (RTS)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 9 Januari 2017, di halaman 26 dengan judul “Operasional “Uncal” Masih Dibahas”.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/09/220800827/operasional.bus.wisata.uncal.masih.dibahas
Terima kasih sudah membaca berita Operasional Bus Wisata “Uncal” Masih Dibahas. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Operasional Bus Wisata “Uncal” Masih Dibahas"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.