Olahan Sate Sampai Gulai, 8 Makanan Yang Muncul Saat Ramadhan

No comment 113 views

Berikut artikel Olahan Sate Sampai Gulai, 8 Makanan yang Muncul Saat Ramadhan, Semoga bermanfaat

BEBERAPA makanan yg cuma ada ketika Ramadhan berikut ini, mampu jadi inspirasi Anda mencari hidangan berbuka puasa.

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor berasal dari Gresik, berisi nangka, pisang, sagu mutiara, kelapa kopyor, dan roti tawar. Saat penyajian, bahan-bahan tersebut disiram dengan santan dan gula, serta disajikan memakai daun pisang.

Gulai Siput

Sudahkah Anda coba Gulai Siput? Gulai berbahan penting siput sawah ini adalah hidangan berbuka khas Tanjung Pinang, Riau, lho. Selain siput, gulai ini juga berisi daun pakis, pucuk daun ubi, daun keladi, dan terong.

Ketan Bintul

Hidangan yang berasal Serang ini berisi nasi ketan yg dihaluskan dan disajikan dengan taburan serundeng. Ketan Bintul juga tidak jarang disajikan dengan potongan daging berkuah gulai.

Mie Glosor

Mie dibuat dari adonan tepung sagu dan kunyit, sekilas kelihatan mirip dengan mie kuning ini berasal dari Bogor. Namun, tekstur mie ini lebih kenyal dari mie kuning. Mie disajikan dengan tambahan sambal kacang, gorengan, dan kerupuk.

Pakat

Pakat adalah menu berbuka khas Tapanuli, berbahan penting rotan muda. Rotan muda berukuran 1 meter dibakar selama sekitar 1 jam. Kemudian, dikupas dan diambil bagian dalam yg berwarna putih. Bagian dalam rotan muda tersebut ditambah dengan bumbu-bumbu dan santan kelapa. Hhhmmm unik sekali ya!

Sate Susu

Menu unik ini berasal dari Bali. Sate susu menjadi menu wajib yg terus diburu ketika menjelang buka puasa. Sate ini sebenarnya dibuat dari daging susu sapi, dan disajikan bersama sambal plecing khas Bali. Sate ini mulai tidak mengurangi stamina, lho, saat dikonsumsj. Sama seperti ketika kami mengonsumsi susu sapi.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Sotong yg ditata sedemikian rupa yg ditawarkan kepada pembeli sesuai dengan harga dan ukuran masing-masing.

Sotong Pangkong

Kuliner khas Pontianak ini dibuat dari cumi yg dikeringkan, dahulu dipukul-pukul. Saat Ramadhan, Sotong Pangkong banyak disajikan dan dijadikan makanan wajib. Saat penyajian, Sotong Pangkong ditemani cabai dan cuka. Rasanya? Perpaduan antara asam, gurih, pedas, dan manis.

Telur Mimi

Menu wajib berbuka puasa lainnya adalah Telur Mimi, yg berasal dari Kaliwungu, Kendal. Telur mimi berasal dari sejenis ikan pari bernama ikan mimi. Telur ikan mimi dimasak dan dikerok bagian isinya. Isian telur ikan mimi kemudian diaduk bersama parutan kelapa yg telah dibumbui. Wah, cukup unik ya sajian berbuka yg sesuatu ini. (SCI/Sajiansedap.com/dari berbagai sumber)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/01/101846327/olahan.sate.sampai.gulai.8.makanan.yang.muncul.saat.ramadhan
Terima kasih sudah membaca berita Olahan Sate Sampai Gulai, 8 Makanan yang Muncul Saat Ramadhan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Olahan Sate Sampai Gulai, 8 Makanan Yang Muncul Saat Ramadhan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.