Ogoh-ogoh Ini Menghabiskan 25 Kilogram Jagung

No comment 164 views

Berikut artikel Ogoh-ogoh Ini Menghabiskan 25 Kilogram Jagung, Semoga bermanfaat

BADUNG, KOMPAS.com – Ogoh-ogoh atau patung dengan kerangka besi atau bambu dan kayu dengan wujud sapi menjadi daya tarik sendiri di Acara Festival Budaya Pertanian IX di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

Ogoh-ogoh buatan Kuta Selatan yg menjadi salah sesuatu peserta ini dikonsep oleh salah sesuatu seniman bernama I Nyoman Sungada dengan menghabiskan sekitar 25 kilogram jagung.

“Kerangka ya kan dari besi, kemudian dilapisi lembaran busa tipis, dilapisi lem, dan ditempel butir jagung, sesuatu persatu. Sulit memang, pengerjaannya beberapa minggu,” kata I Nyoman Sungada, di Badung, Sabtu (30/7/2016).

Sungada menjelaskan bahwa ogoh-ogoh tersebut terbuat memang didesain menggambarkan kehidupan warga Kuta Selatan di mana banyak sekali sapi yg digembalakan.

“Kenapa ogoh-ogoh sapi dan di atasnya anak penggembala? Karena ini menggambarkan kehidupan masyarakat di Kuta Selatan. Selain jagung, juga ditaburi biji buah kapuk di bawah ogoh-ogoh. Kapuk yaitu hasil bumi di Kuta Selatan,” kata Sungada.

Berhubung acaranya adalah Festival Budaya Pertanian maka perbuatannya harus memakai hasil bumi. Seperti konsep stan Kuta Selatan yg penuh dengan hasil bumi yg dilaporkan.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Ogoh-ogoh yg terbuat dari butiran jagung menjadi daya tarik sendiri di Acara Festival Budaya Pertanian IX di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (30/7/2016).

Selain dipajang di stan acara, pada ketika pembukaan yg digelar pada Jumat (29/7/2016), ogoh-ogoh sapi dan anak penggembalanya diikuti pawai, dan dipamerkan dihadapkan undangan dan penonton.

Riuh tepuk tangan para hadirin memberikan dukungan untuk peserta acara dari Kecamatan Kuta Selatan dinilai apresiasi yg besar untuk mereka.

Acara tahunan ini yaitu garapan dari Pemkab Badung, Bali, yg diselenggarakan selama empat hari sejak 29 Juli 2016 pembukaan sampai 1 Agustus 2016. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/01/070900627/Ogoh-ogoh.Ini.Menghabiskan.25.Kilogram.Jagung
Terima kasih sudah membaca berita Ogoh-ogoh Ini Menghabiskan 25 Kilogram Jagung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ogoh-ogoh Ini Menghabiskan 25 Kilogram Jagung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.