Ngeri, Jembatan Tanpa Pengaman Di Sumatera Utara

No comment 186 views

Berikut artikel Ngeri, Jembatan Tanpa Pengaman di Sumatera Utara, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Sumatera Utara milik banyak tempat yg belum banyak orang tahu. Seperti Kabupaten Simalungun, di sana ada jembatan ekstrem yg bikin ngeri!

Selain memiliki banyak air terjun yg mengalir di dalam alam Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, kecamatan ini ternyata juga memiliki sesuatu jembatan ekstrim.

Jembatan ekstrim yg dinamakan Jembatan Hatonduhan ini berada di Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun dan menghubungkan antara Nagori Bayu Bagasan dengan Nagori Turunan. Jembatan ini menjadi satu-satunya akses masyarakat yg ingin menyeberang antar desa. Karena seandainya tak melalui jembatan ini, buat menyeberang harus mengambil jalan memutar melalui Kecamatan Tanah Jawa dan memakan waktu tak kurang dari sesuatu jam.

Jembatan Hatonduhan awalnya adalah sebuah jalur rel kereta api muntik yg digunakan bagi mengangkut hasil pertanian pada masa kolonial Belanda. Namun setelah kendaraan transportasi ini tak lagi dipakai, relnya pun dicor beton oleh masyarakat dan dijadikan sebagai jembatan penguhubung antar desa.

Jembatan ini memiliki panjang seratus meter dengan lebar cuma sesuatu meter. Yang ekstrim adalah, jembatan ini tak memiliki sedikit pun pagar pengaman, padahal jembatan ini memiliki tinggi hingga 80 meter dan dibawahnya terdapat bebatuan serta jurang yg mengarah ke Air Terjun Katasa. Jika terjatuh, kecil kemungkinan bagi selamat.

Hebatnya, masyarakat setempat telah terbiasa melalui jembatan ini, mereka bahkan mampu mengendarai kendaraan sepeda motor di atas jembatan dengan santai. Bahkan, banyak di antaranya yg melintas di atas jembatan memakai sepeda motor sambil membawa keranjang berisi hasil pertanian seperti sawit. Keren banget deh orang-orang di sini, padahal aku yg berjalan kaki saja di atas jembatan merasa gemetar. Saya rasa jembatan ini termasuk salah sesuatu jembatan terekstrim di dunia yg mampu dilalui sepeda motor.

Biasanya masyarakat setempat bergantian bagi melewati jembatan ini, karena tak mungkin berselisih di atas jembatan. Bagi yg memakai kendaraan sepeda motor, biasanya mereka membunyikan klakson terlebih lalu buat memastikan tak ada orang yang lain yg mulai melewati jembatan.

Meski pun sangat ekstrim, panorama yg ditawarkan dari Jembatan Hatonduhan juga sangat indah. Tepat di bawah jembatan ini mengalir Air Terjun Katasa, sebuah air terjun kembar yg memiliki beberapa aliran air terjun yg terpisah. Kita juga mampu melihat puncak dari Air Terjun Katasa yg dipenuhi bebatuan besar. Sedangkan di sisi jembatan terhampar pemandangan Sungai Turunan dengan hutan hijau yg mengelilinginya, pemandangannya membuat mata menjadi segar.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/15/145358/3334203/1025/ngeri-jembatan-tanpa-pengaman-di-sumatera-utara
Terima kasih sudah membaca berita Ngeri, Jembatan Tanpa Pengaman di Sumatera Utara. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ngeri, Jembatan Tanpa Pengaman Di Sumatera Utara"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.