“Ngabuburit” Di Candi Ijo, Menikmati Pemandangan Di Candi Tertinggi Jogja

Berikut artikel “Ngabuburit” di Candi Ijo, Menikmati Pemandangan di Candi Tertinggi Jogja, Semoga bermanfaat

SLEMAN, KOMPAS.com – Candi Ijo, adalah candi yg berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi ini adalah salah sesuatu candi bercorak Hindu yg ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terletak di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Candi Ijo yaitu candi paling tinggi di Yogyakarta. Lokasinya yg di ketinggian itu membuat Candi Ijo menawarkan pemandangan yg indah.

Candi ini berada di perbukitan dan memiliki komplek percandian yg berteras-teras yg semakin meninggi ke belakang ke sisi timur dengan bagian belakang sebagai pusat percandian.

Berada di komplek Candi Ijo dari seluruh penjuru mata angin, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam Yogyakarta yg hijau. Jika pada sore hari, pengunjung mampu menyaksikan indahnya matahari tenggelam di ufuk barat langi Yogyakarta.

Tribun Jogja/ Hamim Thohari Candi Ijo di Sleman, Yogyakarta

Maka tidak heran pada bulan Ramadan, Candi Ijo menjadi tempat favorit buat masyarakat buat ngabuburit.

“Menyenangkan menunggu magrib di sini. Pemandanganya bagus dan suasananya enak. Selain itu tempatnya juga bagus buat foto-foto,” ujar Zahra, mahasiswi yg tiba bersama bersama temannya.

Untuk masuk ke komplek candi Ijo, pengunjung tak dikenakan biaya cuma perlu mengisi buku tamu. Sedangkan di dalam candi-candi perwara, pengunjung mampu melihat arca nandi yg yaitu simbol kendaraan Dewa Siwa dan meja batu atau disebut padmasana.

Ragam bentuk seni rupa juga mampu dijumpai di kompleks Candi Ijo. Salah satunya ukiran kala makara dengan motif kepala ganda dan dua atributnya. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/20/102700027/.Ngabuburit.di.Candi.Ijo.Menikmati.Pemandangan.di.Candi.Tertinggi.Jogja
Terima kasih sudah membaca berita “Ngabuburit” di Candi Ijo, Menikmati Pemandangan di Candi Tertinggi Jogja. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "“Ngabuburit” Di Candi Ijo, Menikmati Pemandangan Di Candi Tertinggi Jogja"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.