Napak Tilas Arung Palaka Menuju Takimpo Di Buton

No comment 193 views

Berikut artikel Napak Tilas Arung Palaka Menuju Takimpo di Buton, Semoga bermanfaat

BUTON, KOMPAS.com – Di atas pegunungan Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara, terdapat dua mata air yg mengalir dengan jernih.

Di antaranya terdapat sesuatu sumber mata air disebut ‘Ee Mata’ atau air mata yg dulu yaitu sumber air buat sembilan kampung kecil di sekitarnya.

Sembilan kampung kecil yg hidup sebelum masa Kesultanan Buton tinggalnya menyebar pada dimensi searah mata angin di atas perbukitan yg tinggi.

Lalu muncul seorang tokoh bernama La Djibara berusaha menyatukan sembilan kampung kecil dengan mengadakan meeting akbar.

(BACA: Harumnya Kopi Kaongke-ongkea, Kopi Asli Pulau Buton)

Menurut Maulana, tokoh adat masyarakat Takimpo, dari hasil meeting tersebut, menghasilkan kesepakatan buat bersatu dan membentuk parlemen adat, dari ketua adat hingga perangkat adat. Lalu kemudian menerapkan aturan adat yg lebih beradab, santun dan bijak.

“Dari situ maka lahirlah sebuah nama ‘Takimpo’ yg bermakna perkumpulan. Kemudian mereka mendirikan Benteng Takimpo yg melindungi dari serangan hewan buas juga dari serangan musuh. Benteng ini pertama kali dibangun seorang wanita yg bernama Wa Gindi,” kata Maulana, Sabtu (3/12/2016).

Seiring perjalanan waktu, Takimpo menjadi berkembang dan masuk dalam bagian dalam wilayah Kerajaan Buton. Setelah Kerajaan Buton menjadi Kesultanan, mayoritas perkampungan Takimpo masuk Islam.

“Pada abad 16, Sultan Buton mengutus Arung Palaka menjadi Lakina Takimpo atau ketika dahulu juga sebagai kepala daerah di Takimpo. Ini buat keselamatan Arung Palaka dan nama baik Kesultanan Buton di hadapan Kesultanan Gowa,” ujarnya.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Kursi pelantikan tetua adat yg terbuat dari batu.

Menurut Maulana, kehadiran Arung Palaka sebagai Lakina Takimpo memberikan nilai positif buat masyarakat Takimpo sebagai bangsawan Kerajaan Bone.

“Selama Arung Palaka menjabat sebagai Lakina Takimpo, seluruh kebijakannya dirasakan baik karena beliau juga mempertegas dan memperkuat aturan yg sudah ada sebelumnya,” ucap Maulana.

Setelah Indonesia merdeka, masyarakat Takimpo yg tinggal di perbukitan diinstruksikan buat pindah dari daerah pegunungan ke daerah pesisir hingga ketika ini. Kini Takimpo menjadi sebuah desa yg masuk dalam wilayah Kecamatan Pasarwajo.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/05/080700327/napak.tilas.arung.palaka.menuju.takimpo.di.buton
Terima kasih sudah membaca berita Napak Tilas Arung Palaka Menuju Takimpo di Buton. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Napak Tilas Arung Palaka Menuju Takimpo Di Buton"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.