Naik Kereta Dari Semarang Kini Pakai “Check-In” Dan “Boarding Pass”, Ini Panduannya…

Berikut artikel Naik Kereta dari Semarang Kini Pakai “Check-In” dan “Boarding Pass”, Ini Panduannya…, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Selasa kemarin (12/7/2016), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang akan melakukan implementasi penerapan sistem Check- In dan Boarding Pass di Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang, Semarang.

Penerapan ini menyusul sistem yg sudah sukses diuji mencoba dan diterapkan di segala stasiun yg berada di wilayah PT KAI Daop 1, 2, 3, 5, 6, dan 7.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Gatut Sutiyatmoko dalam siaran pers yg diterima Kompas.com menyampaikan upaya penerapan Check-In dan Boarding Pass adalah upaya PT KAI buat meningkatkan pelayanan. Selain itu, juga mempermudah para calon penumpang karena mulai mengurangi resiko lolos boarding akibat salah tanggal atau tiket tak valid.

Menurut Gatut, dengan sistem baru ini, penumpang yg sudah membeli tiket di channel eksternal mampu melakukan check in pada mesin check in mandiri di stasiun akan 12 jam hingga menjelang keberangkatan kereta api.

Nah, jadi Anda tidak perlu bingung dengan sistem Check-In dan Boarding Pass di Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah. Berikut KompasTravel himpun langkah-langkah buat melakukan check in dan boarding pass di stasiun kereta api.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Mesin cetak tiket mandiri (CTM) dan check-in mandiri (CIM) di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah. Gambar diambil pada Minggu (3/7/2016).

1. Jika Anda sudah membeli tiket kereta api, cari mesin check-in. 

Check-in dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket di mesin check-in mandiri. Mesin mulai mengeluarkan boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan. 

2. Setelah boarding pass keluar, itulah tanda bukti tiket yg mulai diperiksa oleh petugas stasiun.

Saat boarding jangan lupa membawa kartu identitas sesuai dengan yg tertera di boarding pass. Petugas mulai melakukan verifikasiboarding pass dengan perangkat scanner serta memeriksa kecocokan data dengan kartu identitas asli penumpang. 

3. Pasca-pemeriksaan boarding pass.

Anda dapat menunggu kedatangan dan waktu keberangkatan kereta api di ruang tunggu sampai pengumuman resmi dari pihak stasiun. 

4. Saat berada di dalam kereta api.

Pastikan Anda duduk sesuai dengan nomor gerbong dan kursi yg tertera di boarding pass

5. Tunjukkan boarding pass

Simpan boarding pass dan tunjukkan kepada petugas di dalam kereta ketika pemeriksaan tiket kereta api.

Sebagai catatan, penumpang yg membeli tiket go show setelah mendapatkan tiket, penumpang tetap harus melakukan check-in pada mesin check in mandiri buat mencetak boarding pass. Setelah berhasil mencetak boarding pass, maka penumpang bisa langsung menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas. 

Stasiun-stasiun yg sudah menerapkan sistem check in, mesin cetak tiket mandiri telah tidak tersedia. Sementara, stasiun-stasiun yg belum menerapkan sistem check-in, sistem cetak tiket fisik (tiket biru) tetap dikerjakan via mesin Cetak Tiket Mandiri.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/13/124218527/naik.kereta.dari.semarang.kini.pakai.check-in.dan.boarding.pass.ini.panduannya.
Terima kasih sudah membaca berita Naik Kereta dari Semarang Kini Pakai “Check-In” dan “Boarding Pass”, Ini Panduannya…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Naik Kereta Dari Semarang Kini Pakai “Check-In” Dan “Boarding Pass”, Ini Panduannya…"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.