Naik Gunung Usai Lebaran Ini, Coba Ke Semeru

No comment 70 views

Berikut artikel Naik Gunung Usai Lebaran Ini, Coba ke Semeru, Semoga bermanfaat

Lumajang – Jika belum pulang ke Jakarta usai libur Lebaran, kenapa tak mencoba satu yg seru, seperti naik gunung. Salah sesuatu gunung yg dapat didaki adalah Gunung Semeru.

Sempat ramai karena film ‘5 Cm’, kini Gunung Semeru di Jawa Timur ini telah tak seramai dua tahun sebelumya. Traveler pun mampu lebih nyaman naik ke gunung ini usai libur Lebaran.

Dengan puncak yg bernama Mahameru, inilah gunung tertinggi di Pulau Jawa, dan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Ketinggianya mencapai 3.676 mdpl.

Terasa begitu tinggi memang, namun sepanjang perjalanannya tidak kalah indah sehingga perjalanan menuju puncaknya terasa seru. Salah sesuatu rute pendakian yg paling banyak dipilih pendaki adalah via Ranu Pane.

(Santi/detikTravel)

Rutenya, dari Malang menuju Desa Tumpang dahulu naik truk atau pickup bagi sampai ke Ranu Pane. Setelah melewati gerbang Ranu pane, di sinilah pendakian dimulai. Jalur landai dengan perkebunan penduduk di kiri kanannya menjadi permulaan pendakian.

Dilanjutkan dengan lereng bukit dengan alang-alang dan pohon-pohon. Tak lama, sampailah di pos sesuatu Watu Rejeng. Di sini ada barisan batuan yg menyerupai tebing dengan pemandangan hutan cemara dan pinus nan indah.

Pos 1 sampai 2 masih tergolong landai. Ketika sampai di pos 3, barulah tantangan dimulai. Ada tanjakan curam di pos 3 yg mulai menguras energi kamu. Nah, setelah rute yg melelahkan, ada pos 4 dengan Danau Ranu Kumbolo yg cantik.

Ranu Kumbolo (Arya Martin/d’Traveler)

Inilah permata di pendakian Semeru. Kalau di Rinjani ada Segara Anak, di sini ada Ranu Kumbolo. Banyak pendaki membangun tenda buat beristirahat barang semalam. Keindahan Danau Ranu Kumbolo membuat siapa saja jatuh cinta.

Pemandangan paling magis tercipta pada pagi hari. Danau di ketinggian 2.400 mdpl ini menjadi latar munculnya sunrise. Luar biasa indah!

Setelah puas menikmati cantiknya Ranu Kumbolo, saatnya kembali ke jalur yg menantang. Di depan Ranu Kumbolo, ada tanjakan miring bernama Tanjakan Cinta. Selesai dari sana, ada lagi sesuatu yg cantik merupakan savana Oro-oro Ombo. Jika beruntung, kamu dapat melihat hamparan bunga ungu di sepanjang lembah tersebut.

Hamparan bunga ungu di Oro-oro Ombo (Aminisme/d’Traveler)

Melangkah lebih jauh, sampailah di Cemoro Kandang dengan ketinggian 2.500 mdpl. Rute yg disajikan adalah hutan cemara nan indah. Nikmati pemandangan ini sebelum menuju Pos Kalimati yg menjadi pemberhentian terakhir sebelum naik ke Puncak Mahameru.

Butuh kehati-hatian tinggi buat mencapai Puncak Mahameru. Karena treknya pasir kasar yg kadang merosot ketika diinjak. Paling pas mendaki puncak ini sebelum mentari terbit. Salah sesuatu alasannya adalah karena trek pasir ini lebih panas seandainya mentari telah meninggi di kepala.

Puncak Mahameru (Wira Nuryansah/d’Traveler)

Biasanya, pendaki mulai melewati trek ini sebelum subuh. Sehingga dapat melewatkan momen sunrise di puncaknya.

Sesampai di puncak, seluruh kelelahan mulai terbayar dengan pemandangan indah di sana. Hamparan awan dan mentari pagi seakan menyambut keberhasilan kamu. Tertarik naik ke Semeru? (shf/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/14/115000/3253103/1519/naik-gunung-usai-lebaran-ini-coba-ke-semeru
Terima kasih sudah membaca berita Naik Gunung Usai Lebaran Ini, Coba ke Semeru. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Naik Gunung Usai Lebaran Ini, Coba Ke Semeru"