Museum Berbalut Rumah Adat Nan Megah Di Makassar

No comment 140 views

Berikut artikel Museum Berbalut Rumah Adat Nan Megah di Makassar, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Sempatkan tiba ke Museum Balla Lompoa dan Tamalate ketika ke Makassar. Tak cuma isinya saja yg menarik, tetapi bangunannya juga!

Museum Balla Lompoa dan Tamalate dulunya yaitu Istana Kerajaan Gowa yg berdiri sekitar tahun 1300-an. Keduanya berbentuk rumah panggung yg seluruhnya terbuat dari kayu ulin atau kayu besi dan dikelilingi tembok tinggi.

Balla Lompoa dalam bahasa Makassar rumah besar atau rumah kebesaran. Istana tersebut masih berdiri kokoh meski sudah berusia ratusan tahun karena memang dirawat dengan baik. Terlihat dari bangunan yg masih bagus dan bersih.

Sedangkan Istana Tamalate sendiri yaitu replika dari istana yg asli. Dibangun pada ketika Syahrul Yasin Limpo menjadi Bupati Gowa tahun 1980-an yg dibuat sesuai dengan bahan dan ukuran Istana Tamalate yg asli berdasarkan sejumlah naskah Makassar kuno yg menceritakan tentang Istana Tamalate. Di mana disebutkan bahwa Istana Tamalate yg asli pertama kali didirikan di Bukit Takabassia yg kemudian berubah nama menjadi Tamalate.

Antara Istana Balla Lompoa dan Tamalate ini dihubungkan dengan sebuah tangga yg tingginya kurang lebih 2 meter. Bagian depan bangunan adalah teras, dulu masuk ke ruang utama, dan ruang-ruang lainnya seperti kamar tidur yg pernah digunakan oleh raja.

Di bagian bawah rumah panggung juga bisa kalian temui dua kereta yg dipajang. Beberapa tulisan mengenai istana ini juga bisa kami temukan. Banyak pula wisatawan asing yg berkunjung ke istana bersejarah ini.

Saat ini kedua istana tersebut difungsikan sebagai museum yg dipergunakan bagi menyimpan benda-benda bersejarah Kerajaan Gowa. Seperti mahkota, senjata, payung raja, pakaian, bendera kebesaran dan lain-lain.

Museum ini terletak di Sungguminasa, Gowa. Tidak begitu jauh dari pusat Kota Makassar, cukup sekitar 30 menit perjalanan saja. Dapat dijangkau dengan gampang dengan taksi maupun angkutan kota, dapat juga dengan bus Damri. Bila ingin berkunjung ke sini, perhatikan juga jam buka museum ini yaitu  hari Senin-Kamis 08.00-16.00 dan Jumat 08.00-11.00.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/28/135400/3237375/1025/museum-berbalut-rumah-adat-nan-megah-di-makassar
Terima kasih sudah membaca berita Museum Berbalut Rumah Adat Nan Megah di Makassar. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Museum Berbalut Rumah Adat Nan Megah Di Makassar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.