Mural Keren Hiasi Jembatan Kahayan Palangkaraya

No comment 168 views

Berikut artikel Mural Keren Hiasi Jembatan Kahayan Palangkaraya, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Libur tahun baru ke Palangkaraya, traveler jangan sampai melewatkan kesempatan berkunjung ke Jembatan Kahayan. Di sana ada mural keren buat foto-foto asyik.

Berkunjung ke Kota Palangkaraya, jangan lupa narsis di salah sesuatu sudut Jembatan Kahayan. Salah satunya adalah lukisan pada dinding tengah oprit jembatan, dimana lukisan mural dengan motif Kasiak Tumbun dan Balian Dadas.

Mural ini menggambarkan kejantanan dan keperkasaan, hal ini bisa dilihat dari sosok seorang lelaki yg diberi judul Kasiak Tumbun (keganasan Naga). Pada sisi yg sama kelihatan sosok wanita Penari Dadas. ‘Balian Dadas’ yaitu simbol kefeminiman.

Dahulu kala Tarian Dadas (Balian Dadas) yaitu ritual pengobatan atau penyembuhan yg dikerjakan oleh seorang wanita. Namun pada era sekarang, tarian ini telah dikemas sedemikian rupa dan mampu digunakan buat tarian penyambutan tamu atau acara pernikahan.

Jadi arti dari lukisan ini adalah simbol kebahagiaan dan juga keterbukaan Suku Dayak dalam menerima siapa saja yg tiba dengan tangan terbuka dan ketulusan. Sejalan dangan falsafah ‘Huma Betang’,yang arti nya dimana bumi diinjak disitu langit dijunjung.

Di sesuatu sisi Lukisan Mural dengan Motif Ornamen Dayak Kalimantan Tengah ini juga bertujuan buat memberikan kesan artistik yg kuat dan mendalam tentang bagaimana budaya lokal kami merupakan Budaya Dayak Kalimantan Tengah yg menarik ini.

Melalui media lukisan seperti di Kalimantan Tengah ini, marilah kalian bersama-sama membuka ruang apresiasi setinggi-tingginya agar terus menghargai dan menjaga, serta semoga memberi kesan positif buat kemajuan seni budaya Indonesia yg kaya seperti di Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/01/132300/3384509/1025/mural-keren-hiasi-jembatan-kahayan-palangkaraya
Terima kasih sudah membaca berita Mural Keren Hiasi Jembatan Kahayan Palangkaraya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mural Keren Hiasi Jembatan Kahayan Palangkaraya"