Mumpung Libur Sekolah, Ajak Si Buah Hati Ke 10 Destinasi Keren Di Bandung

Berikut artikel Mumpung Libur Sekolah, Ajak si Buah Hati ke 10 Destinasi Keren di Bandung, Semoga bermanfaat

Bandung – Usai Libur Lebaran tiba libur sekolah. Mumpung si buah hati masih libur, ajaklah mereka liburan ke 10 destinasi keren di Bandung ini.

Membicarakan Bandung memang tak ada matinya. Kota kreatif yg sejuk tersebut memang milik banyak destinasi alam indah nan menarik buat anak-anak. Menurut Kemenpar, ini dia 10 lokasi di Bandung yg layak dikunjungi:

1. Kawah Putih Ciwidey

(I Gede Leo Agustina/d’Traveler)

Kawah Putih berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung. Di sana traveler mampu melihat danau kecil yg tercipta dari letusan Gunung Patoha pada abad ke-10 silam. Letusan vulkanik itu membuat kawah putih menyuguhkan keindahan luar biasa.

Asap putihnya selalu keluar dari kawah belerang, sementara airnya terus berubah warna mengikuti cuaca. Lokasinya ada di ketinggian 2.400 meter dari permukaan laut, jadi mampu dibayangkan udaranya yg dingin. Jangan lupa bawa jaket atau baju tebal!

Persisnya Kawah Putih berlokasi di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, Bandung. Harga tiket Masuk Rp 20.000, dan buka dari pukul 07.00-17.00 WIB.

2. Balai Konservasi Rusa Ranca Upas Ciwidey

(MarisHa DwiJayanti/d’Traveler)

Tak jauh dari Kawah Putih di Ciwidey, ada balai konservasi penangkaran rusa dan bumi perkemahan. Anda dapat juga berinteraksi dengan kawanan rusa di sana, sembari memberi mereka makan wortel atau pun sayuran.

Aktifitas outdoor juga tersedia di tempat ini. Dan buat keluarga yg berkunjung ke sini, juga tersedia berbagai aktivitas air yg mampu dinikmati anak-anak. Ada pemandian air panas yg cukup manjur bagi melepas lelah.

Sedangkan bila Anda enggan bagi kembali ke hingar bingarnya suasana kota, di sini juga terdapat dua tempat yg menyediakan peralatan berkemah yg mampu anda sewa.

Lokasi juga berada di Jalan Raya Ciwidey, Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Bandung. Harga tiket Mmsuk adalah Rp 10.000/orang (hari biasa) dan Rp15.000/orang (akhir pekan).

3. Situ Patenggang

(Van Alvin/d’Traveler)

Hanya berjarak 10 menit dari Kawah Putih, tentunya Danau Situ Patenggang sayang bagi dilewatkan. Menurut legenda Jawa Barat abad ke-15, Situ Patenggang adalah tempat rapat Pangeran Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi setelah berpisah selama bertahun-tahun.

Oleh sebab itu, tidak jarang pasangan muda-mudi yg tiba ke Situ Patenggang karena yakin tempat ini dapat melanggengkan hubungan. Di sini Anda dapat menumpang perahu bagi berkeliling danau.

Perkebunan teh di sekeliling danau-pun seakan berkolaborasi apik dengan suara gemericik air. Lokasinya berada di Patengan, Rancabali, Bandung (10 menit dari Kawah Putih). Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000.

4. Curug Malela

(Cah Jetak/d’Traveler)

Dengan tinggi 70 meter dan lebar 50 meter, Curug Malela yaitu air terjun terbesar yg ada di Bandung. Untuk mencapainya, traveler harus menempuh jarak 3 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung.

Namun keindahan yg ditawarkan Curug Malela dipastikan tak mulai membuat Anda menyesal. Medannya yg cukup terjal bagi menuju ke air terjun ini juga sangat cocok buat anda penggila tracking.

Lokasi persisnya berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Kabar baiknya, tak ada biaya masuk alias gratis.

5. Gua Pawon & Stone Garden Padalarang

(Derry N/d’Traveler)

Gua Pawon adalah sebuah situs bersejarah tempat ditemukannya bermacam peninggalan prasejarah yg banyak dipamerkan di Museum Geologi Bandung. Traveler pun dapat wisata edukasi langsung.

Jika Anda lanjutkan perjalanan dua langkah lagi ke arah puncak gunung, maka Anda mulai menemukan Stone Garden (Taman Batu), sebuah Cagar Geowisata bertabur batu karang seperti yg biasa terdapat di pesisir pantai.

Di sana Anda dapat melihat segera bukti ilmiah berupa cangkang-cangkang kerang dari zaman purbakala yg menempel di batu karang. Lokasinya berada di Desa Gunung Pasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000.

6. Taman Hutan Raya Djuanda

(Yosanatan/d’Traveler)

Taman Hutan Raya atau yg biasa disingkat dengan sebutan Tahura cuma berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota. Membentang di lahan seluas 590 hektar, Taman Hutan Raya Djuanda berfungsi sebagai hutan lindung dan kawasan konservasi buat aneka tumbuhan dan bunga yg ada di Bandung.

Di taman ini juga terdapat museum yg memperlihatkan barang-barang peninggalan tokoh nasional Ir. H. Juanda serta berbagai artefak yg ditemukan di sekitar kawasan ini. Masih di area taman, juga mampu dijumpai Tebing Keraton yg fenomenal serta Curug Lalay dan Curug Omas.

Sehari-harinya Taman Hutan Raya DJuanda beroperasi dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Lokasinya berada di Lembang, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 11.000.

7. Taman Wisata Maribaya

(arief kas/d’Traveler)

Terkenal dengan Air terjun Curug Maribaya, Taman Wisata Maribaya berlokasi di bagian utara Taman Hutan Raya. Selain bisa diakses dengan gampang melalui Lembang, taman ini juga mampu dicapai melalui jalan setapak dari Taman Hutan Raya.

Di sini anda dapat berjalan melintasi jalur hutan sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Begitu mendekati air terjun, anda mulai segera dapat merasakan betapa dingin dan segarnya percikan air yg mengenai tubuh disertai aroma hutan nan alami.

Untuk mengistirahatkan kaki yg letih setelah menempuh perjalanan, Taman Wisata Maribaya juga memiliki kolam mata air panas yg juga diyakini berkhasiat buat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Sehari-harinya Taman Wisata Maribaya buka dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tiket masuknya adalah Rp 8.000 saja.

8. The Lodge Earthbound Adventure Park

The Lodge Earthbound Adventure Park adalah tempat wisata yg menawarkan beragam aktivitas menyenangkan buat anak-anak seluruh usia. Anda bahkan dapat memilih bagi bermeditasi di tengah hutan pinus sambil merasakan sejuknya hembusan angin pegunungan, atau seru-seruan bermain paintball.

Disamping itu, banyak juga tersedia fasilitas outdoor yang lain yg mampu anda nikmati bersama keluarga. Lokasinya berada di KM 4,5 Maribaya, Cibodas, Lembang. Buka dari pukul 10.00 – 17.00 WIB dan tak dikenakan tiket masuk.

9. Gunung Batu

(Rudi Hartono/d’Traveler)

Gunung Batu adalah salah sesuatu tempat yg menawarkan pemandangan fenomenal. Bukit yg yaitu bagian dari patahan Lembang ini letaknya cukup dekat dengan pusat kota Lembang dengan waktu tempuh cuma 5-10 menit dan dilanjutkan trekking selama setengah sampai sesuatu jam.

Dari ketinggian 1.228 MDPL, anda bisa menikmati cantiknya lampu-lampu kota Bandung di malam hari maupun gunung-gunung besar seperti Manglayang, Tangkuban Perahu, Gunung Putri dan Bukit Tunggul.

Lokasinya berada di Jalan Maribaya, Lembang Jawa Barat. Tidak ada tiket masuk.

10. De’Ranch

(Anggi Agistia/d’Traveler)

Tempat ini awalnya adalah sebuah peternakan. Namun sejak tahun 2007 diubah menjadi sebuah taman hiburan keluarga dan menjadi salah sesuatu destinasi favorit di Bandung. Pengunjung mampu mengenakan kostum koboi dan menunggang kuda bagi menjelajahi kawasan alam seluas 5 hektar ini.

Ada berbagai kegiatan yg mampu Anda lakukan di sini bersama keluarga, seperti panahan, flying fox, dan memancing. Seperti umumnya peternakan, di sini Anda juga mampu belajar banyak tentang perawatan kuda dan sapi, dari memberi makan dan memandikan hewan ternak hingga memerah susu sapi.

Lokasinya berada di Jalan Maribaya No. 17, Lembang, Jawa Barat. Tidak ada tiket masuk alias gratis. Jadi tunggu apalagi, ajaklah si buah hati liburan ke Bandung mumpung masih libur sekolah. Pasti seru!

(rdy/rdy)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/10/124506/3250125/1519/mumpung-libur-sekolah-ajak-si-buah-hati-ke-10-destinasi-keren-di-bandung
Terima kasih sudah membaca berita Mumpung Libur Sekolah, Ajak si Buah Hati ke 10 Destinasi Keren di Bandung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mumpung Libur Sekolah, Ajak Si Buah Hati Ke 10 Destinasi Keren Di Bandung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.