Monyet Terkecil Di Dunia Dari Bangka, Apakah Itu?

No comment 37 views

Berikut artikel Monyet Terkecil di Dunia dari Bangka, Apakah Itu?, Semoga bermanfaat

Jakarta – Bangka memiliki keunikan tersendiri untuk Indonesia barat. Bukan cuma alamnya yg mempesona, Bangka juga milik monyet terkecil di dunia, Tarsius.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (23/3/2017) Bangka Belitung menjadi habitat asli dari hewan lucu bernama Tarsius. Tarsius yaitu monyet mungil dari Bangka Belitung.

Nama tarsius diambil berdasarkan ciri fisik tubuhnya yg istimewa, merupakan tulang tarsal yg memanjang, yg membentuk pergelangan kaki mereka. Sehingga, memudahkan tarsius mampu melompat sejauh 3 meter dari sesuatu pohon ke pohon lainnya

Ada 2 tipe Tarsius yg hidup di Bangka, Tarsius bancanus bancanus dan Tarsius bancanus saltatore. Di Pulau Bangka, orang local menyebut Tarsius dengan nama Mentilin (Tarsius bancanus bancanus). Sementara itu, di Pulau Belitung Tarsius disebut dengan nama Pelile’an (Tarsius bancanus saltatore) oleh warga lokal.

Monyet mungil yg menggemaskan (Gilang Tamma/ACI)Monyet mungil yg menggemaskan (Gilang Tamma/ACI)

Bagi yg belum ngeh, tarsius ini adalah monyet dengan ukuran terkecil yg ada di dunia. Matanya yg bulat besar dan kuping yg lebar membuat tarsius kelihatan sangat lucu.

Tarsius termasuk ke dalam hewan nocturnal, merupakan tipe yg aktif ketika malam hari. Itu kenapa matanya sangat besar, agar menolong tarsius berburu dengan jelas di malam hari. Tapi siapa sangka, kalau katanya otak tarsius itu lebih kecil daripada matanya!

Monyet kecil ini memiliki tubuh yg sangat mungil, cuma sekitar 10 cm dengan berat kurang dari 150 gram. Duh, imut banget!

Biar imut begini, Tarsius masuk ke dalam macam karnivora lho! Mereka biasanya memakan serangga.

Hewan langka yg dilindungi (Afif/detikTravel)Hewan langka yg dilindungi (Afif/detikTravel)

Seperti monyet pada umumnya, Tarsius juga milik ekor. Ekor Tarsius berukuran lebih panjang dari tubuhnya, sehingga mampu memberikan keseimbangan ketika melompat.

Dengan warna bulu coklat kemerahan hingga abu-abu kecoklatan, keberadaan Tarsius susah-susah mudah dilihat di antara pepohonan. Bulunya seperti kamuflase dari batang pohon disekitarnya.

Tak cukup sampai di situ, hewan menggemaskan ini juga milik keunikan merupakan mampu memutar kepalanya 180 derajat. Ini bagi menolong tarsius dalam pengamatan lingkungan sekitarnya. Telinganya yg lebar itu berfungsi bagi mendeteksi gerak-gerik lawan atau mangsanya.

Saat ini populasi tarsius akan mengkhawatirkan merupakan kurang dari 1.000 ekor. Sehingga Status konservasinya sendiri menurut IUCN (International Union for the Conservation of Nature) termasuk vulnerable alias rentan buat punah.

Menggemaskan (Afif/detikTravel)Menggemaskan (Afif/detikTravel)

Untuk itu di Belitung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Kabupaten Belitung Timur membuat kebun binatang mini dan tarsius menjadi salah sesuatu penghuninya. Jadi traveler dapat melihat hewan ini di kantor Dispar langsung.

Selain kantor kadispar, traveler juga dapat melihat monyet mungil ini di tempat obeservasi tarsius di Hutan Pelawan di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Traveler yg mau lihat binatang menggemaskan ini di siang hari sebenernya tidak jadi masalah. Hanya saja tarsius mulai lebih banyak diam dan menutup mata. Namun tetap saja bikin yg melihatnya gemas. (bnl/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/23/083744/3454485/1519/monyet-terkecil-di-dunia-dari-bangka-apakah-itu
Terima kasih sudah membaca berita Monyet Terkecil di Dunia dari Bangka, Apakah Itu?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Monyet Terkecil Di Dunia Dari Bangka, Apakah Itu?"