Monumen-monumen Paling Kontroversial Di Dunia

No comment 101 views

Berikut artikel Monumen-monumen Paling Kontroversial di Dunia, Semoga bermanfaat

Madrid – Banyak monumen didirikan dan jadi destinasi wisata menarik di dunia. Beberapa cukup kontroversial karena bentuk dan kisah di baliknya, seperti 5 monumen ini.

Ada banyak monumen di berbagai belahan dunia yg menjadi destinasi wisata. Namun tak sedikit di antaranya, dibumbui kontroversi dengan berbagai alasan. Setidaknya ada 5 monumen di dunia yg penuh dengan kontroversi. Dihimpun detikTravel, Kamis (8/9/2016), inilah 5 monumen kontroversial di dunia:

1. Valley of The Fallen, Spanyol

(BBC)

Berbicara tentang monumen kontroversial, di Spanyol ada sesuatu monumen yg dapat membuka luka lama warga lokal. Terletak di pinggiran Kota Madrid, ada Valley of Fallen yg dapat traveler lihat. Monumen ini menjadi kontroversial karena kisah di balik pendiriannya.

Monumen ini jadi simbol 4 dekade berkuasanya diktator Jenderal Farnsisco Franco yg begitu terkenal di Spanyol. Jenderal Franco memerintahkan buat membangun sebuah monumen berbentuk salib raksasa dengan basilika besar dan dua patung manusia di sekitarnya.

Warga lokal Spanyol kesal karena monumen ini dibuat bagi sang diktator. Padahal selama berkuasa, Jenderal Franco dikenal kejam dan tak segan-segan membunuh atau memenjarakan lawan politiknya.

2. Brown Dog Statue, Inggris

(BBC)

Monumen kontroversial selanjutnya ada di Inggris, tepatnya ada di Taman Battersea, London. Sekilas bentuknya cukup normal dan tak begitu spesial, merupakan berbentuk anjing. Namun bukan sembarang anjing, kisah di baliknya lah yg menjadikan monumen ini kontroversial.

Monumen anjing di Taman Battersea didirikan bagi memeringati keberhasilan percobaan ilmiah medis yg dikerjakan segera kepada makhluk hidup. Sayang, di era tahun 1903-1910 percobaan kepada makhluk hidup mendapat pertentangan dari banyak pihak.

Para mahasiswa kedokteran di era itu pun menghancurkan patung tersebut di tahun 1910. Patung anjing berwarna coklat ini akhirnya didirikan kembali pada tahun 1985. Monumen penggantinya yg sekarang, jauh lebih standar, tanpa air mancur dan seluruh satu yg mewah.

3. Beatles Monument, Mongolia

(BBC)

Siapa sangka, monumen grup band legendaris The Beatles dapat kontroversial. Bagaimana tidak, Monumen The Beatles, tapi lokasinya bukan berada di Inggris, melainkan di Mongolia. Bahkan mampu dibilang monumen ini, adalah monumen yg salah yg berada di lokasi yg salah pula.

The Beatles adaah band legendaris yang berasal Kota Liverpool, Inggris. Ketenarannya sampai ke berbagai penjuru dunia, termasuk di Mongolia. Seniman lokal bernama Den Barsboldt punn membangun monumen The Beatles ini di Kota Ulaanbaatar, ibukota Mongolia.

Pembangunan monumen ini dimaksudkan sebagai representasi dari kebebasan demokrasi dunia Barat. Namun pembangunan monumen ini mendapat berbagai pertentangan, terutama dari generasi tua karena Mongolia sendiri masih kental dengan budaya tradisional.

4. African Renaissance, Senegal

(BBC)

Monumen yg tidak kalah kontroversialnya ada di Senegal. Monumen ini bertajuk African Renaissance Monumen, yg menggambarkan kebangkitan penduduk benua Afrika dalam memperoleh kemerdekaan, dan mengatasi perbudakan.

Monumen ini berada di Senegal, dan dibangun oleh Presiden Abdoulaye Wade. Kontroversi tiba saat presiden menetapkan buat membangun patung ini, karena banyaknya dana yg dihabiskan.

Masyarakat menilai pembangunan monumen setinggi 48 meter ini terlalu banyak membuang uang. Beberapa yg lainnya, menilai monumen ini terlalu seksi karena menampilkan patung wanita dengan setengah payudaranya yg terbuka.

5. Che Guevara Statue, Bolivia

(BBC)

Monumen kontroversial terakhir di dalam daftar ini ada di Bolivia. Monumen Che Guevara, jadi monumen yg kontroversial lantaran mengangkat tokoh Che Guevara sebagai objek utamanya. Beberapa menganggap Che Guevara sebagai pahlawan, namun tidak jarang Che dicap sebagai pengkhianat.

Ernesto Che Guevara, begitu nama lengkapnya, adalah seorang revolusioner yg berjuang buat kaum miskin dan tertinggal. Bagi orang-orang di La Higuera, Bolivia, Che dianggap sebagai sosok pahlawan.

Di lokasi ini pula, Che dibuatkan monumen berupa patung dengan lambang salib di sebelahnya. Lokasinya dibangunn monumen ini juga tak terlalu strategis. Konon katanya, lokasi dibangunnya monumen ini adalah lokasi dimana Che meregang nyawa. (aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/08/081052/3293611/1520/monumen-monumen-paling-kontroversial-di-dunia
Terima kasih sudah membaca berita Monumen-monumen Paling Kontroversial di Dunia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Monumen-monumen Paling Kontroversial Di Dunia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.