Mitos Sumur Enteng Jodoh Dari Pulau Karampuang Di Sulbar

No comment 276 views

Berikut artikel Mitos Sumur Enteng Jodoh dari Pulau Karampuang di Sulbar, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kota Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat milik pesona wisata berupa pulau cantik bernama Pulau Karampuang. Tak cuma itu, di pulau ini ada Sumur Jodoh yg dipercaya dapat mempermudah mampu pasangan.

Satu hari yg cerah, matahari bersinar terang, rencananya hari ini aku diajak temanku Kamri bagi jalan-jalan ke Pulau Karampuang, sesuatu pulau kecil yg terletak tepat di depan kota Mamuju, ibukota Provinsi Sulawesi Barat.

Saya penasaran, katanya di sana bagus. Ada dermaga kayu yg panjang dengan air laut yg jernih, bukit dengan pemandangan Kota Mamuju dari sisi laut dan yg paling membuat aku penasaran adalah di sana ada sumur jodoh!

Kapal yg kalian sewa akan bergerak perlahan meninggalkan dermaga Mamuju menuju ke Pulau Karampuang. Setelah 30 menit perjalanan, sampailah kita di dermaga Ujung Bulo yg menjadi landmark wisata Pulau Karampuang. Dermaganya ternyata bagus sekali, terbuat dari kayu tertutup atap dari anyaman bambu dan panjang lebih dari 300 meter.

Perahu kalian pun bersandar dan sesuatu per sesuatu kalian naik ke dermaga. Setelah naik, hal pertama yg kita lakukan adalah foto di depan papan kayu bertuliskan ‘Welcome to pulau Karampuang’. Setelah puas berfoto kalian beranjak pergi melewati dermaga kayu yg nyaman menuju ke atas bukit buat melihat pemandangan kota Mamuju dari arah laut.

Jalan menuju bukit dari dermaga tak jauh kira-kira 300 meter, bagi sampai ke atas, Anda harus mendaki tangga yg tak terlalu tinggi. Setelah sampai di atas bukit, kelihatan pemandangan yg indah berupa dermaga Ujung Bulo, laut biru yg jernih serta di kejauhan kelihatan kota Mamuju.

Kesempatan ini tak kalian lewatkan buat berfoto dan duduk-duduk menikmati pemandangan yg terhampar di depan kita sambil menikmati makanan yg sudah dipersiapkan. Setelah puas, kalian pun bergerak turun kembali ke dermaga buat melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Sesampainya kita di dermaga, karena hari telah siang dan matahari bersinar terik, air laut yg jernih dan kelihatan terumbu karang, membuat hasratku buat berenang tak tertahankan. Akhirnya saya pun langsung terjun ke laut dari atas dermaga.

Rasanya segar dan pemandangan bawah airnya cukup indah karena terumbu karangnya masih terjaga di sekitar dermaga. Setelah puas snorkeling, kita pun melanjutkan perjalanan menuju Sumur Jodoh.

Untuk ke Sumur Jodoh, kita meminta kapten kapal bagi memutari pulau sehingga kalian bisa melihat seluruh sisi pulau. Pulau Karampuang seluas 6 km persegi ini berpenghuni walau tak banyak. Sisi pulaunya masih terdapat hutan bakau dan terdapat banyak pohon kelapa.

Setelah 20 menit perjalanan memutari pulau, akhirnya kalian bersandar di dermaga, di sisi pulau yg paling banyak penduduknya, tepatnya di desa Karampuang. Dimana sumur jodoh berada.

Sumur jodoh terletak di ujung sebelah kanan perkampungan, berlokasi di pinggir laut. Sumurnya unik, bentuknya sedikit berbeda dari sumur yg biasa, di semen persegi empat dengan lebar lebih kurang 2 meter. Di dalam sumur, terbagi menjadi 3 bagian dan yg paling unik dari sumur ini adalah airnya 3 rasa, merupakan rasa tawar, payau dan asin!

Sumur ini di yakin oleh masyarakat mampu ‘mempermudah’ mendapatkan jodoh setelah minum dan mandi di sumur ini. Mungkin ini yg menyebabkan segala teman-temanku yg sebelumnya enggan mandi air laut, tiba-tiba mereka bersemangat semuanya mandi di sumur Jodoh, termasuk saya.

Tetapi aku mandi cuma sekedar mandi buat bilas setelah snorkeling dan memenuhi rasa penasaran. Bukan niat buat mencari jodoh, karena jodohku telah ada di rumah.

Setelah puas mandi di Sumur Jodoh, kalian pun menetapkan kembali ke Kota Mamuju. Terlihat dua teman masih membawa air sumur jodoh dalam botol mineral, aku tak tau untuk apa, katanya buat teman yg pesan agar gampang jodoh katanya dan aku cuma tersenyum mendengarnya.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/11/101900/3236942/1025/mitos-sumur-enteng-jodoh-dari-pulau-karampuang-di-sulbar
Terima kasih sudah membaca berita Mitos Sumur Enteng Jodoh dari Pulau Karampuang di Sulbar. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mitos Sumur Enteng Jodoh Dari Pulau Karampuang Di Sulbar"