Merindukan Penerbangan Langsung Ke Chiang Mai

No comment 87 views

Berikut artikel Merindukan Penerbangan Langsung ke Chiang Mai, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Wajah Mohd. Shukreen bin Jafar berbinar waktu bercerita tentang turis Indonesia yg bertandang ke Chiang Mai, Thailand. Siang itu, Jumat (10/6/2016), di dekat Masjid Hidayatul Islam,¬† Lorong Banhaw, Chiang Mai, Shukree berkata, “Makin hari makin banyak orang Indonesia ke sini.”

Shukree tak memungkiri bahwa program wisata halal yg didengungkan pemerintah Thailand sejak setahu silam mendapat respons positif. Khususnya, dari negara-negara yg memunyai penduduk  beragama Islam di kawasan Asia Tenggara.

“Sampai kini, turis yang berasal Malaysia paling banyak,” tutur bapak tiga anak perempuan ini.

Boleh jadi, dari segi transportasi, turis Malaysia relatif mendapat kemudahan. Pasalnya, ada jalan darat yg menghubungkan Malaysia dan Thailand.

(BACA: Pelesir ke Chiang Mai ketika Ramadhan, Mengapa Tidak?)

Namun begitu, yg paling menentukan adalah adanya transportasi udara segera menuju Chiang Mai. Ketimbang Indonesia, Malaysia telah melakukan upaya itu.

“Coba ada penerbangan langsung¬† dari Indonesia ke Chiang Mai. Pasti lebih banyak turis Indonesia yg ke sini,” kata Shukree, pria kelahiran Provinsi Pattani, di Thailand selatan ini.

Sebagai perbandingan, setiap hari ada tiga penerbangan dari Malaysia, khususnya dari Kuala Lumpur segera ke Bandara Internasional Chiang Mai.

Pesawat pengangkut penumpang itu adalah berjenis badan lebar seperti Boeing dan Airbus. “Kalau setiap kali angkut ada seratus penumpang, berapa turis Malaysia yg tiba ke sini,” tuturnya.

KOMPAS.COM/JOSEPHUS PRIMUS Pasar Malam Chiang Mai di Thailand, Selasa (7/6/2016).

Catatan pemerintah Thailand melalui Kementerian Pariwisata memperlihatkan kedatangan turis yang berasal Asia Tenggara sepanjang sesuatu tahun silam menyentuh angka 496.226 orang. Angka ini sejatinya turun 5,7 persen ketimbang pencapaian pada 2014 dahulu sebesar 497.592 orang.

Lalu, pencapaian pada 2014 itu pun memamerkan penurunan 16,27 persen. Soalnya, pada 2013, jumlah turis Asia Tenggara yg melancong ke Thailand mencapai 594.251 orang.

(BACA: Berolahraga Sembari Pelesiran, Thailand Tempatnya)

Lantaran penurunan itulah, pemerintah Thailand tak tinggal diam. Pada 2015 lalu, pemerintah Thailand menggelar Thailand Travel Mart (TTM) 2015 dengan tema wisata halal. Lalu, pada 2016, TTM+ 2016 mengusung tema pariwisata olahraga. Acara itu dilaksanakan di Chiang Mai pada 8 sampai dengan 10 Juni.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/16/060800927/Merindukan.Penerbangan.Langsung.ke.Chiang.Mai
Terima kasih sudah membaca berita Merindukan Penerbangan Langsung ke Chiang Mai. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Merindukan Penerbangan Langsung Ke Chiang Mai"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.