Merinding! Menit Dan Detik Merapi Saat Meletus Masih Terjaga Baik

Berikut artikel Merinding! Menit dan Detik Merapi Saat Meletus Masih Terjaga Baik, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Jumat 5 November 2010, tepatnya pukul 12 lebih 5 menit dan 40 detik. Itulah waktu Merapi memuntahkan awan panas yg terekam pada jam dinding di Museum Sisa Hartaku.

Lokasinya berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jam dinding tersebut ditemukan dalam posisi terbalik di bawah lapisan pasir Merapi di rumah kediaman Ibu Watinem dan keluarga, yg juga dijadikan sebagai sanggar seni.

Di dalam rumah tersebut tersimpan sejumlah koleksi yg cukup lengkap. Mulai dari bekas botol dokumen-dokumen, peralatan rumah tangga, uang logam, komputer, televisi yg telah meleleh serta pakaian-pakaian yg telah hangus sebagian.

Di bagian depan museum juga terpampang motor dan sepeda yg hangus terkena awan panas dan terdapat kerangka sapi yg terkena awan panas. Namun atas kebesaran Allah SWT, dua mushaf Al Quran dan buku tafsir masih kelihatan utuh dan mampu terbaca.

Secara geologi, Yogyakarta termasuk kedalam yaitu jalur Ring Of Fire dimana yaitu rapat lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Dampaknya adalah tingginya aktifitas tektonisme dan vulkanisme di daerah tersebut. Pada Oktober 2010, intensitas erupsi Merapi meningkat lebih eksplosif dengan dua kali menyemburkan awan panas secara vertikal setinggi 7 km.

Pada letusan 2010 itu, awan panasnya menjangkau daerah yg jauh hingga 17 km dari kawah Merapi. Abu jatuhannya dijumpai hingga Tangerang di barat dan Bali di timur, laharnya menjangkau lebih dari 20 km ke sisi barat dan selatan.

Museum Mini Sisa Hartaku, ketika ini menjadi tujuan wajib untuk wisatawan yg melakukan perjalanan wisata lava tour. Ikuti perjalanan d’Traveler lainnya dalam Piknik Anniversary d’Traveler. d’Traveler, jalan-jalan terus!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/04/090000/3358865/1025/merinding-menit-dan-detik-merapi-saat-meletus-masih-terjaga-baik
Terima kasih sudah membaca berita Merinding! Menit dan Detik Merapi Saat Meletus Masih Terjaga Baik. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Merinding! Menit Dan Detik Merapi Saat Meletus Masih Terjaga Baik"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.