Meriah! Haul Pahlawan Raden Inten II Di Lampung Selatan

No comment 88 views

Berikut artikel Meriah! Haul Pahlawan Raden Inten II di Lampung Selatan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Pada waktu tertentu, masyarakat Lampung merayakan Haul Pahlawan Raden Inten II. Doa dan tarian pun digulirkan.

Saat ini kebudayaan telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari dunia Pariwisata dan Indonesia menjadi salah sesuatu negara yg terkenal dengan keanekaragaman adat dan budaya.

Kali ini aku mulai mengajak traveler buat melihat Haul Pahlawan Nasional Raden Intan II ke 160 yg dikolaborasikan dengan Gelaran Adat Budaya Lampung Bujenong Batin Khatu dari Keratuan Darah Putih yg di gelar di Desa Kuripan, Kabupaten Lampung Selatan.

Tepatnya tanggal 16 November 2016 lalu, kebetulan aku mendapat undangan memperingati gugurnya pahlawan nasional Raden Intan II ke 160 dan Acara Bujenong Batin Khatu dari seorang sahabat yg menjadi bagian dari keluarga Ahli Waris dan yaitu keturunan dari Ratu Darah Putih. Saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini,karena setau aku acara seperti ini jarang di gelar pada tahun-tahun sebelumnya.

Bujenong Batin Khatu adalah upacara Adat Lampung dari keratuan Darah Putih yg yaitu pengukuhan Gusti Putra Aji Sebagai Bhatin Khatu Kusuma ratu ke V Keratuan Darah Putih Lampung atau secara umumnya disebut dengan Pemberian Gelar atau Tahta.

Saat pertama kali aku memasuki lokasi acara serasa berada di lingkungan masa lampau. Masyarakat yg ramai berkumpul mengenakan pakaian adat daerah Lampung dan kesenian tradisional dengan kostum yg di dominasi warna emas begitu indah dipandang mata. Syair dan lagu berbahasa Lampung diselingi dengan bahasa melayu begitu kental terbingkai Nuansa Islami

Selain kesenian tradisional, dalam acara ini juga dipamerkan dua benda pusaka peninggalan Pahlawan nasional Raden Intan II. Kita mampu melihat pedang, pakaian, literatur, peta dan lainnya yg yaitu benda bersejarah.

Hadir dalam gelaran ini Antara Lain Sultan Banten generasi X, merupakan Raden Mas Muhammad jaya Sampurna, Perwakilan Pakualaman Kpt Kusumanagaro Krth Pringgohusodo Kolopaking, Gubernur Provinsi Lampung M Ridho Ficardo beserta jajarannya.

Dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan diwakili Oleh Bapak Nanang Ermanto dan Kepala Dinas Pariwisata Ibu H fauziah Arief, para bandar adat, punggawa dan Punyimbang adat Keratuan darah putih yg berada di Provinsi Lampung.

Yang menarik perhatian aku adalah kelihatan seorang turis yg setelah aku berbincang ternyata berasal dari Australia, khusus tiba ke lampung buat melihat gelaran ini.

Dia menyampaikan bahwa acara seperti ini menciptakan daya tarik tersendiri, dan ia memastikan mulai terus tiba apabila ada acara seperti ini lagi dan sepertinya.

Gayung bersambut, dalam pidato Gubernur Lampung menyampaikan bahwa acara ini mulai digelar setiap tahun dan terdaftar dalam kalender wisata Provinsi Lampung.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Dinas pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, Ibu H Fauziah Arief. Beliau menyampaikan bahwa adat istiadat dan kebudayaan adalah kearifan lokal yg harus di jaga dan di lestarikan.

Selain bagi warisan terhadap generasi penerus bangsa, hal ini juga mulai menjadi daya tarik wisatawan baik lokal atau internasional.

Acara yg berlangsung dari pagi hingga sore ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Walau panas menyengat, tapi tetap bersuka cita penuh semangat

Perjalanan kali ini mengajarkan aku tentang penghormatan kepada pahlawan dan tidak mengurangi kecintaan terhadap adat budaya Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/09/154100/3355586/1025/meriah-haul-pahlawan-raden-inten-ii-di-lampung-selatan
Terima kasih sudah membaca berita Meriah! Haul Pahlawan Raden Inten II di Lampung Selatan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Meriah! Haul Pahlawan Raden Inten II Di Lampung Selatan"