Menyelami Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Menjangan

No comment 104 views

Berikut artikel Menyelami Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Menjangan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Datang ke Bali jangan cuma puas dengan bermain di pantai saja. Cobalah juga bagi melihat keindahan alam bawah lautnya di Pulau Menjangan yg mempesona.

Siapa yg tidak mengenal Pulau Bali? Semua orang pasti familiar dengan kata Bali. Bahkan bule luar negeri pun lebih familiar dengan kata Bali daripada Indonesia.

Kuta? Tanah lot? Garuda Wisnu Kencana? Pasti kami telah tahu mulai tempat pariwisata tersebut. Namun seandainya saya menyebut Pulau Menjangan, apakah kami tahu? Ada apa saja di sana?

Dapat dipastikan cuma sebagian kecil saja yg pernah mendengar ataupun berkunjung ke Pulau yg menjadi habitat dari rusa rusa atau menjangan liar di Bali bagian barat.

Pulau menjangan berasal dari kata Menjangan yg dalam bahasa Jawa berarti kijang atau rusa. Memang pulau ini cuma dihuni oleh sekumpulan menjangan yg tersebar di semua pulau.
Namun ketika ini populasi menjangan semakin menurun, maka dari itu pemerintah memasukkan nama Pulau Menjangan masuk ke dalam wilayah konservasi Taman Nasional Bali Barat.

Tak ada rumah penduduk di pulau ini, yg ada hanyalah dua pura besar sebagai tempat bersembahyang penduduk Bali yg mayoritas memeluk agama Hindu. Memang adanya larangan mengeksploitasi pulau yg masuk dalam kawasan Taman Nasional ini. Agar kelestarian alam masih tetap terjaga hingga nanti.

Saat ini Pulau Menjangan telah di kelola dengan baik oleh pihak TN Bali Barat dengan menjadikannya sebagai tujuan penting pariwisata di daerah barat Pulau Bali ini. Dengan daya tarik alam bawah lautnya yg mempesona menjadikan Menjangan destinasi alternatif wisatawan yg berlibur ke Bali.

Terdapat beberapa titik cross point atau tempat kalian mampu menyeberang menuju Pulau Menjangan, yg pertama di Labuan Lalang dan yg kedua adalah Pelabuhan Banyuwedang.

Trip kali ini labuan lalang menjadi tempat cross point kita. Karena jaraknya yg terlalu jauh dari Pelabuhan Gilimanuk cuma sekitar 15 menit berkendara. Labuan lalang adalah pelabuhan resmi bagi kapal kapal yg mulai menuju ke Pulau Menjangan.

Sarana penunjang sudah lengkap berada di sini. Tarif pun sudah ditetapkan oleh pihak pengelola jadi kami cuma tinggal mempersiapkan dana saja dan bersenang senang.

Mengunjungi Pulau Menjangan wajib hukumnya memakai guide, karena demi keamanan dan kenyamanan kami bersama. Karena pulau menjangan termasuk pulau yg masih alami dan terjaga maka perlu adanya sedikit pengetahuan dan arahan dari guide yg yaitu penduduk sekitar. Alat snorkel juga sudah tersedia lengkap di Labuan Lalang ini jadi kita tidak perlu repot lagi.

Perlu sekitar 30 menit buat menyeberang dan menepi di Pulau Menjangan. Dalam perjalanan menuju Pulau Menjangan, di kejauhan tampak pemandangan gunung api di Jawa Timur akan dari Gunung Ijen Hingga Raung tampak menjulang tinggi.

Di samping kiri juga terbentang luas hutan yg masuk dalam kawasan TN Bali Barat. Dari kejauhan Pulau Menjangan tampak seperti pulau karang yg terangkat ke atas dengan tebing tebing tinggi di sekitar tepi pulau.

Jernih air laut berpadu dengan sinar matahari cerah menimbulkan visibility atau kecerahan yg maksimal. Dengan mata telanjang kami mampu melihat keindahan karang karang yg ada di dasar laut.

Spot snorkling pertama tidak jauh dari dermaga penting pulau. dari bibir pantai kalian segera mampu snorkling dan melihat karang karang laut yg beraneka warna. Sekitar 15 meter dari bibir pantai kalian mulai menemui sebuah palung yg sangat dalam.

Tak perlu panik seandainya kalian snorkling di atas palung ini, karena palung ini yg yaitu tempat terindah bagi kami bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Menjangan.

Pulau Menjangan ini dikenal sebagai surga bawah laut yg memiliki wall diving terbaik di Bali. Pulau menjangan memiliki taman bawah laut yg sangat cerah dan penuh warna sekaligus kaya biota laut.

Formasi palung yg dalam tersebut membentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yg menjadi habitat buat terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, dan belut moray.

Di gua-gua kecil, kakap kecil dan batfish banyak kelihatan hilir mudik. Dasar lautnya juga kaya mulai barrel sponges dan sea fans yg bahkan bisa mencapai ukuran yg sangat besar.

Kedalaman laut dan aliran arus yg tenang menjadikan taman bawah laut sekitar Menjangan adalah tempat hidup untuk tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan bahkan hiu.

Dan menurutku keindahan bawah laut Pulau Menjangan ini adalah yg terbaik selama saya masuk dalam dunia persnorklingan yg selama ini cuma saya nikmati di sekitaran Jakarta dan Jawa Barat saja.

Jujur beranjak ke Pulau Bali ini saya tidak menyangka bakal menikmati atraksi bawah laut yg sangat indah. Ini masih di Pulau Bali bagaimana seandainya saya pergi lebih ke Timur lagi? NTT, Bunaken, Raja Ampat. Ah, Indonesia ini sungguh negeri impian yg semoga seluruh destinasi di atas mampu saya kunjungi suatu saat. Amin.

Menurut penuturan sang guide, di perairan Menjangan ini juga terdapat sebuah Wreck atau biasa disebut kapal karam. Wreck tua yaitu titik spot diving yg sangat menarik, katanya sihhh. Karena sampai ketika ini saya belum juga memiliki lisensi diving.

Anchor wreck adalah spot diving yg di bahwanya ada bangkai kapal kapal yg diduga punya Belanda, telah ada sejak abad ke-19. Namun buat mampu melihatnya kamu harus melakukan penyelaman karena bangkai kapal ini berada di kedalaman 45 meter.

Tak cuma kegiatan diving dan snorkling saja yg bisa kalian lakukan di Pulau Menjangan ini. Kita pun mampu mengelilingi pulau ini. Dari dermaga penting kami cuma tinggal mengikuti jalan setapak dan penunjuk arah yg ada dan jangan takut bagi tersesat di pulau kecil ini.

Terdapat 2 pura besar yg terdapat di pulau ini, yg pertama berada di tepi pantai dia atas sebuah tebing bernama pura pulaki dan yg satunya berada persis di tengah pulau yg bisa kalian tempuh berjalan kaki selama 15 menit dari dermaga.

Menikmati hari sembari melihat kawanan kijang yg berlarian tentu bisa menjadi tontonan yg menyenangkan. Ya mungkin cuma di pulau ini saja kamu memiliki kesempatan bagi menonton kijang di pinggir pantai.

Jangan lupa menyiapkan kamera mengabadikan kijang-kijang yg kebetulan lewat di depanmu. Jepretan gambar kijang dengan latar belakang birunya lautan adalah objek langka buat koleksi fotomu nantinya.

Dan bagi ketika ini pastikan Pulau Menjangan menjadi destinasi kami selanjutnya, terutama untuk kami yg suka mulai keindahan pantai maupun keindahan bawah laut. Tapi yg pasti tetap jaga setiap tempat yg kami datangi agar keindahannya tetap terjaga hingga kelak.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/14/102000/3339895/1025/menyelami-indahnya-alam-bawah-laut-pulau-menjangan
Terima kasih sudah membaca berita Menyelami Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Menjangan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menyelami Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Menjangan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.