Menpar Tegaskan Bebas Visa Untuk Turis Asing Untungkan Indonesia

Berikut artikel Menpar Tegaskan Bebas Visa Untuk Turis Asing Untungkan Indonesia, Semoga bermanfaat

Jakarta – Indonesia telah memberikan bebas visa buat turis dari 169 negara. Di sesuatu sisi negara rugi, tetapi di yang lain sisi mendapat keuntungan besar dan mendatangkan turis lebih banyak.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara penandatanganan MoU tentang Pemanfaatan Data Keimigrasian Dalam Rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataaan dan Perjanjian Kerjasama Tentang Dukungan Data Keimigrasian Dalam Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan. Dia menjelaskan, devisa yg diterima negara mulai lebih besar dibanding uang yg harus turis keluarkan bagi membayar visa.

“Pendapatan tourism bukan dari visa tetapi dari spending turis yg datang. Ini yg telah dikerjakan negara lain,” katanya di ruang meeting lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2016) petang kemarin.

Memang, dari pembebasan pembayaran visa, negara merugi sebanyak Rp 1 Triliun. Namun angka itu tak ada apa-apanya dibanding uang yg segera dihabiskan turis di suatu tempat wisata.

“Spending sesuatu turis itu rata-rata USD 1.200. Ini adalah devisa yg besar dan cepat,” ujar Arief.

Dengan memberikan bebas visa, itu berarti telah memudahkan turis buat tiba ke Indonesia. Tak perlu bayar visa, tinggal tiba dan menikmati alam serta budaya Nusantara. Yang berarti juga, salah sesuatu cara buat lebih banyak turis yg tiba ke Indonesia.

“Pariwisata kami masih kalah dari Malaysia, Singapura dan Thailand baik dari kunjungan turis atau dari penerimaan devisa pariwisata,” tuturnya.

Pemerintah telah merilis 169 negara yg dibebaskan dari kewajiban memiliki visa bagi tujuan kunjungan ke Indonesia. Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yg ditandatangani Presiden Joko Widodo pada bulan Maret 2016 lalu. (aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/20/072000/3256973/1382/menpar-tegaskan-bebas-visa-untuk-turis-asing-untungkan-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Menpar Tegaskan Bebas Visa Untuk Turis Asing Untungkan Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menpar Tegaskan Bebas Visa Untuk Turis Asing Untungkan Indonesia"