Menpar: Tahun Depan Indonesia Kalahkan Malaysia

No comment 94 views

Berikut artikel Menpar: Tahun Depan Indonesia Kalahkan Malaysia, Semoga bermanfaat

BANDUNG, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memproyeksikan tahun depan Indonesia mampu mengalahkan pariwisata Malaysia. Alasannya, tahun ini, Indonesia baru dapat mengalahkan Malaysia dalam beberapa hal yakni branding dan pertumbuhan.

Branding Wonderful Indonesia melesat jauh ke ranking 43, sedangkan Truly Asia Malaysia ada di ranking 96,” ujar Arief di sela-sela Rakernas dan Munas I Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) 2016 di Bandung, Jawa Barat, Senin (25/7/2016).

Begitupun dengan pertumbuhan Indonesia yg naik 10 persen, sedangkan pertumbuhan Malaysia minus 15 persen.

Namun dari jumlah wisatawan mancanegara dan devisa masih kalah. “Devisa kalian 10 miliar dollar AS, dia (Malaysia) 20 miliar dollar AS. Wisman kami di angka 10 juta, sedangkan Malaysia 25 juta,” ucapnya.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Warga luar Suku Tengger menangkap dengan jaring sesaji yg dilemparkan warga Tengger ke dalam kawah Gunung Bromo dalam puncak perayaan Yadnya Kasada di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (21/7/2016). Perayaan Yadnya Kasada sebagai ritual penghormatan leluhur dan wujud terima kasih warga Tengger atas hasil bumi tetap dikerjakan walaupun Gunung Bromo berstatus Waspada.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara, menurut Menpar, pihaknya menyiapkan promosi lebih besar. Jika anggaran yg disetujui tahun depan Rp 4 triliun, maka lebih dari separuhnya digunakan buat promosi internasional.

“Karena impact wisman ada tiga, sedangkan wisatawan lokal ada dua. Wisman berpengaruh pada devisa, PDB, dan tenaga kerja. Kalau wisatawan lokal cuma PDB dan tenaga kerja,” tuturnya.

Dengan anggaran Rp 4 triliun, lanjut Menpar, anggaran buat destinasi mulai diturunkan, fokus di 10 destinasi prioritas. Yakni Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Mandalika, Bromo-Tengger-Semeru, Borobudur, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Untuk bermain di kelas dunia, sambung Arief, tentunya harus memakai standar dunia. Dari hasil survei, Indonesia masih memiliki dua kelemahan, di antaranya infrastruktur dan kebersihan.

KOMPAS.COM/RENI SUSANTI Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Rakernas dan Munas I Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) 2016 di Bandung, Jawa Barat, Senin (25/7/2016). Menpar mengungkapkan berbagai potensi pariwisata di Indonesia dan tantangannya.

“Bangsa ini konon mayoritas masyarakatnya beranggapan kebersihan sebagian dari iman tetapi kenyataannya tak begitu. Bukan kata aku tetapi kata yg meranking kebersihan kita,” ucapnya.

Selain itu, buat menggenjot pertumbuhan pariwisata dari luar negeri, Indonesia mulai membuka rute penerbangan baru. Di antaranya dari China, India, dan Timur Tengah sebagai pintu masuk dari Eropa.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/25/161400727/Menpar.Tahun.Depan.Indonesia.Kalahkan.Malaysia
Terima kasih sudah membaca berita Menpar: Tahun Depan Indonesia Kalahkan Malaysia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menpar: Tahun Depan Indonesia Kalahkan Malaysia"