Menpar: Pariwisata Banyuwangi Lebih Menjanjikan Dibanding Pertambangan

Berikut artikel Menpar: Pariwisata Banyuwangi Lebih Menjanjikan Dibanding Pertambangan, Semoga bermanfaat

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan seandainya di Banyuwangi, sektor pariwisata lebih menjanjikan dibandingkan pembangunan berbasis industri dan pertambangan.

Hal tersebut diungkapkan Arief ketika berkunjung di Pendopo Shaba Swagata Blambangan Jumat (8/7/2016).

“Industri dan pertambangan memang menciptakan produk domestik bruto (PDB) dan devisa tinggi, tetapi tetap mulai berat seandainya bersaing secara global. Berbeda dengan pariwisata di Indonesia yg kini sumbangan PDB-nya lebih populer setelah minyak, gas bumi, batu bara dan CPO,” jelasnya.

Ia mencontohkan seandainya ada industri manufacturing di Banyuwangi maka mulai kalah dengan yg ada di Jabodetabek yg telah ada ribuan hektar. Termasuk juga Indonesia yg kalah bersaing dengan negara China yg menguasai hampir sebagian besar industri di dunia.

“Kalau pun menargetkan membangun industri di Banyuwangi, maka Pak Bupati harus benar benar menghitung detail,” tegasnya.

Menurutnya target pada tahun 2019 pariwisata mulai menjadi penghasil devisa terbesar di Indonesia dibandingkan dari manufacture dan pertambangan, karena di pariwisata ada industri kerakyaatan yg berdampak segera pada masyarakat. Ia menjelaskan nantinya bukan lagi migas dan non migas, tapi mulai berganti menjadi pariwisata dan non pariwisata.

“Banyuwangi dapat menang di pariwisata dan ekonomi kreatif apalagi didukung dengan keadaan geografis Banyuwangi serta pesona alam Banyuwangi yg mampu menyedot angka pekerja di pengembang sektor pariwisata,” pungkasnya. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/09/100800427/Menpar.Pariwisata.Banyuwangi.Lebih.Menjanjikan.Dibanding.Pertambangan
Terima kasih sudah membaca berita Menpar: Pariwisata Banyuwangi Lebih Menjanjikan Dibanding Pertambangan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menpar: Pariwisata Banyuwangi Lebih Menjanjikan Dibanding Pertambangan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.