Menjelajahi Lembah Mandalawangi

No comment 154 views

Berikut artikel Menjelajahi Lembah Mandalawangi, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Menikmati akhir minggu di lembah Mandalawangi dan Puncak Pangrango harus direncanakan jauh-jauh hari. Persiapan di dalamnya termasuk booking online yg memang diberlakukan di gunung ini. Perjalanan kali ini pada Jumat malam dengan rapat point di Terminal Kampung Rambutan.

Ada bebrapa jalur pendakian gunung Pangrango dan salah satunya jalur Cibodas. Jalur ini karakteristiknya jelas dengan jarak tempuh menuju puncak Pangrango yg lebih singkat ketimbang seandainya melintasi beberapa jalur lainnya. Yakni di Gunung Putri dan Selabintana yg harus memutar dan mendaki gunung Gede terlebih dahulu.

Pendaki dari Jakarta mulai melewati Jalan Cisarua, Bogor. Disarankan agar tak lansgung melakukan pendakiaan melainkan istirahat buat aklimitasi tubuh. Pada ketika matahari terbit yaitu waktu yg tepat bagi melakukan pendakian dan sebelumnya jangan lupa melakukan pemanasan atau olahraga kecil buat mencegah cidera otot selama pendakian.

Setelah melapor ke pos jaga dengan menyertakan formulir simaksi dan menulis barang bawaan, pendakian pun dimulai. Jalur cibodas didominasi oleh bebatuan yg tersusun rapi dan vegetasi-vegetasi khas gunung Gede Pangrango. Sesekali perjalanan diselingi canda dan tawa rekan perjalanan mulai mengusir lelah yg mendera.

Shelter demi shelter mulai dilalui, dari Tarentong – Telaga warna – Rawa payangcangan – Rawa denok 1 – Rawa Denok 2 – Batu Kukus 1 – Batu Kukus 2 – Batu Kukus 3 hingga shelter air panas. Istirahat dan minum makanan ringan mulai menolong menghilangkan lelah. Perjalanan pun dilanjutkan menuju Pos Kandang Badak sebagai tempat bermalam sebelum menuju puncak Pangrango. 

Yang unik dari gunung ini adalah seandainya Anda mendaki di ketika weekend mulai banyak dijumpai warga sekitar yg mendaki gunung buat menjajakan dagangan mereka. Mulai dari nasi uduk, jas hujan, air mineral maupun gorengan semuanya tersedia. Jadi, tak perlu khawatir kehabisan bahan logistik.

Tiba di Kandang Badak, tempat yg tepat pula buat mendirikan tenda dan bermalam. Karena tersedia mushola dan toilet serta sumber air yg bisa di manfaatkan buat memasak dan minum. Istirahat tidur adalah hal penting bagi memulihkan tenaga sebelum menuju puncak Pangrango.

Untuk diketahui, jalur menuju puncak Pangrango lebih berat karena banyak pohon tumbang dan trek menanjak tanpa bonus. Dini hari harus telah siap bagi perjalanan summit attack. Tak lupa bawalah air minum dan makanan bagi bekal selama perjalanan ke puncak. 

Perjalanan dimulai dari Kandang Badak mulai menemui pertigaan, seandainya lurus menuju puncak Gede, dan ke kanan menuju puncak Pangrango. Benar saja, perjalanan awal kita disambut oleh pohon tumbang yg menghalangi jalan, kemudian jalur di dominasi oleh akar dan tanah licin sisa diguyur hujan. 

Setelah empat jam berjibaku dengan pohon dan akar di hutan Pangrango, datang lah di Puncak tirangulasi Pangrango 3019 MDPL. Syukur pun tidak berkesudahan terucap di puncak tertinggi kedua di Jawa Barat. Tak lupa kalian mengabadikan momen di puncak Pangrango.

Setelah puas perjalanan berlanjut ke Mandalawangi, tak lebih dari 10 menit. Rasa haru dan bahagia campur aduk ketika itu. Setelah perjalanan panjang datang di Lembah Kasih Mandalawangi. Lembah yg terkenal karena menjadi tempat favorite Soe Hok Gie semasa hidupnya.

Hamparan padang Bunga Edelweiss dan kabut tipis seolah jadi penghipnotis. Setelah puas berfoto dan mengisi perut seadanya perjalanan berlanjut turun ke kandang badak. Tentu perjalanan turun lebih singkat dibanding ketika naik, namun tingkat kehati-hatian harus tetap diperhatikan.

Hampir beberapa jam perjalanan akhirnya tibalah kembali di kandang badak. Perlu adanya waktu istirahat dan memasak makan siang bagi persiapan kembali ke basecamp. Jelang sore, berkemas barang dan tidak lupa memungut dan membawa turun kembali sampah yg ada. 

Jangan lupa buat berdoa agar diberikan keselamatan hingga pulang ke rumah. Jalur turun tidak berubah, masih melewati Jalur Cibodas dimana tingkat kesulitannya mulai bertambah seandainya hujan turun. Shelter demi shelter dilalui hingga akhirnya menjelang tengah malam datang di pos jaga gunung Gede Pangrango. Jangan lupa melaporkan kembali anggota dan juga sampah yg dibawa.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/16/135500/3384331/1025/menjelajahi-lembah-mandalawangi
Terima kasih sudah membaca berita Menjelajahi Lembah Mandalawangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menjelajahi Lembah Mandalawangi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.