Menikmati Taman Khusus Pengunjuk Rasa, Cuma Di Jakarta

No comment 103 views

Berikut artikel Menikmati Taman Khusus Pengunjuk Rasa, Cuma di Jakarta, Semoga bermanfaat

Jakarta – Taman buat rekreasi telah biasa, tetapi Jakarta milik yg beda. Adalah Taman Pandang Istana, taman khusus di Jakarta Pusat yg bagi pengunjuk rasa.

Selain menjadi ikon pemerintahan ibukota, Istana Merdeka juga kerapkali didatangi para pendemo yg ingin mengatakan aspirasi. Terinspirasi dari kebiasaan para demonstran, Gubernur Basuki Tjahja Purnama atau Ahok malah membuat Taman Pandang Istana buat para pendemo.

Diresmikan pada 30 Juli 2016 dulu di Jalan Medan Merdeka Barat, Taman Pandang Istana tercipta sebagai bentuk corporate social responsibility (CSR) perusahaan semen Holcim Indonesia, CARAS dan Yasser Rizky selaku seniman dan perancang taman.

Namun selain menjadi tempat bagi berdemo, Taman Pandang Istana juga berfungsi sebagai wadah dari aneka kreasi seni kreatif hingga tempat wisata. Keramaian traveler pun tampak saat detikTravel singgah ke lokasi pada Minggu (4/9/2016) sore kemarin.

Lokasinya berada persis di seberang Istana Merdeka (Randy/detikTravel)

Saat itu sinar matahari memang sedikit terik di Jakarta. Namun Taman Pandang Istana begitu ramai oleh masyarakat yg sedang asyik menghabiskan hari Minggu sore bersama teman atau keluarga dan kerabat.

Mayoritas traveler pun tampak sedang bersantai di atas kursi berbentuk huruf yg tersedia di taman. Sejumlah mural hingga kata-kata emas dari sejumlah tokoh bangsa pun terpatri di lantai taman. Antara yang lain dari Mohammad Hatta, mantan Presiden Gus Dur, Hamka hingga YB Mangunwijaya atau yg populer dengan Romo Mangun.

Selain itu terdapat juga sejumlah batang pohon yg diberi selimut rajutan dengan teknik Crochet. Benangnya yg warna-warni pun menghias area taman menjadi lebih menarik. Tak sedikit juga wisatawan yg asyik berfoto.

Kata-kata emas dari tokoh bangsa yg terpatri di lantai taman (Randy/detikTravel)

Pohon yg diberi rajutan warna-warni (Randy/detikTravel)

Salah satunya adalah Lica (22), traveler yang berasal Bekasi yg sedang asyik berfoto selfie di salah sesuatu sudut Taman Pandang Istana. Ia pun mengaku baru tahu dan mampir mumpung hari libur.

“Baru tahu sih, tiba dari Bekasi sekalian jalan-jalan. Tamannya juga bagus, asyik bagi foto-foto,” ujar Lica ketika diwawancarai detikTravel.

Tapi tak cuma Lica, tampak pula serombongan turis yang berasal China yg turun dari bus dan kompak mengenakan pakaian berwarna merah. Mereka pun tampak menunjuk Monas dan sangat antusias. Beberapa ada yg duduk-duduk di Taman Pandang Istana.

Traveler pun asyik bersantai di taman (Randy/detikTravel)

Tampak juga sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yg membuka lapak dan menjual baju hingga menjajakan minuman. Jumlahnya memang tak banyak, tetapi sedikit mengganggu ketenangan ketika berwisata di taman.

Terlepas dari PKL nakal, Taman Pandang Istana menjadi tempat rekreasi baru yg unik di ibukota Jakarta. Tentunya mampu jadi rekomendasi bagi para traveler. Namun jangan lupa bagi menjaga kebersihan taman dengan tak buang sampah sembarangan atau corat-coret ketika berkunjung.

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/05/075055/3290818/1520/menikmati-taman-khusus-pengunjuk-rasa-cuma-di-jakarta
Terima kasih sudah membaca berita Menikmati Taman Khusus Pengunjuk Rasa, Cuma di Jakarta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menikmati Taman Khusus Pengunjuk Rasa, Cuma Di Jakarta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.