Menikmati Malam Di Ungaran Ditemani Kopi Klotok, Ini Tempatnya…

Berikut artikel Menikmati Malam di Ungaran Ditemani Kopi Klotok, Ini Tempatnya…, Semoga bermanfaat

SEMARANG, KOMPAS.com – Daerah Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memang relatif lebih berhawa dingin ketimbang Kota Semarang. Hal ini tak lepas dari keadaan geografis Ungaran yg berdekatan dengan lokasi Gunung Ungaran.

Bila ingin sekadar menghangatkan suasana malam di Ungaran tak ada salahnya mampir ke Warung Kopi Klotok yg ada di Alun-Alun Kalirejo Ungaran.

Warung Kopi Klotok Pak Sadar di Alun-Alun Kalirejo ini memang telah termasuk tersohor buat warga Ungaran atau Kota Semarang.

Dahulu Pak Sadar menjajakan kopinya dengan gerobak di Alun-Alun Mini Ungaran di kawasan Jalan Ahmad Yani.

(BACA: Tren 2017, Kedai Artisan Kopi Akan Menjamur)

Sejak didirikan Alun-Alun baru yg lebih besar di kawasan Kalirejo, Kopi Klotok punya Pak Sadar ini pun pindah bersama dengan jajanan yang lain yg termasuk dalam semacam pujasera.

Ini tak lepas dari larangan berjualan kaki lima di kawasan Alun-Alun Mini Ungaran.

Kopi-kopi yg disajikan terdiri dari banyak jenis. Ada robusta, robusta jahe, robusta creamer, arabika, arabika coklat, arabika creamer, coklat, jahe, teh dan masih banyak lagi.

Satu yg perlu diperhatikan, seandainya tiba ingin menikmati kopi di kopi klotok Pak Sadar, haruslah bersabar.

TRIBUN JATENG/MAULANA RAMADHAN Ramainya pengunjung di kawasan Pujasera Alun-Alun Ungaran, Jateng, saat malam tiba.

Proses penyajiannya memang sedikit lebih lama apalagi seandainya tiba di malam pekan atau malam libur. Sejak buka pukul 18.30, warung yg berada di jejeran pujasera ini telah akan dipenuhi pengunjung.

Saat keadaan ramai, salah sesuatu pelayan mulai bertanya, “Mau kopi saja atau sekalian makan?”

(BACA: JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang ke Banyuwangi)

Pertanyaan ini diajukan karena warung kopi klotok Pak Sadar bersebelahan dengan pedagang-pedagang makanan lain.

Jika ingin sekaligus menikmati jajanan lain, masih banyak tempat yg tersedia di depan lapak pedagang yang lain seperti nasi goreng, bakmi, seafood dan lain-lain.

Tapi seandainya cuma ingin menikmati hangatnya kopi klotok, pembeli dipersilakan mengambil tikar yg telah disediakan. Pembeli mulai diarahkan menempati lahan kosong yg berada di depan warung.

Kopi Klotok memang dimasak masih memakai alat sederhana, yakni kompor yg berbahan arang. Konon nama klotok sendiri berasal dari suara yg ditimbulkan ketika proses penyeduhan yakni ‘tok-tok-tok-tok’.

(BACA: Apa Itu Kopi Lanang?)

Rindu Rescuemha salah sesuatu penikmat kopi di Klotok Pak Sadar mengungkapkan rasa kopi klotok mempunyai kekentalan yg berbeda.

“Suka banget, terutama kopi coklatnya. Apalagi dimasaknya kan satu-satu jadi lebih berasa kental coklat dan kopinya. Pas banget deh dengan suasana Ungaran yg dingin waktu malam,”  ujar Rindu.

TRIBUN JATENG/MAULANA RAMADHAN Kopi Klotok di Ungaran, Jateng, yg diseduh dengan kompor arang.

Warung Kopi Klotok ini buka setiap hari kecuali hari Kamis. Dan jangan salah, menikmati kopi disini, berarti beramal juga. Di spanduk warung ini, tertulis menyantuni anak yatim piatu Rp 400/porsi.

Kopi Klotok Pak Sadar berlokasi di pujasera Alun-Alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran atau dekat pintu tol keluar Ungaran.

Tempatnya berada di belakang dari lapangan utama. Harga yg ditawarkan juga murah yakni akan Rp 4.500 sampai Rp 10.000. (Tribun Jateng/Maulana Ramadhan)
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/12/154900627/menikmati.malam.di.ungaran.ditemani.kopi.klotok.ini.tempatnya.
Terima kasih sudah membaca berita Menikmati Malam di Ungaran Ditemani Kopi Klotok, Ini Tempatnya…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menikmati Malam Di Ungaran Ditemani Kopi Klotok, Ini Tempatnya…"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.