Menikmati Borobudur Berselimut Kabut

No comment 118 views

Berikut artikel Menikmati Borobudur Berselimut Kabut, Semoga bermanfaat

TERBANGUN dari mimpi malam, alarm jam ponsel berdering keras. Tepat pukul tiga pagi. Cukup cuci muka, karena pagi itu masih dingin. Kuurungkan niatku bagi mandi. Bangun sepagi ini buat mengejar matahari menampakkan pesona paginya di tengah gunung Merapi dan gunung Merbabu.

Mata masih pedas bagi menatap jalan ke depan. Dengan bantuan map yg terpasang di mobil kita pun melaju. Dari Yogyakarta menuju Magelang melalui jalan Magelang kemudian melewati Munthilan.

Berburu matahari terbit, seperti pagi dulu di Prambanan. Kali ini yg mulai menjadi suguhan pagi kalian adalah pesona Borobudur yg berselimut kabut. Perjalanan ditempuh kurang lebih sesuatu jam dari Yogyakarta.

Bukit ini terkenal dengan nama Punthuk Setumbu. Alamat lengkapnya ada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Jam telah memperlihatkan pukul empat. Berbekal maps di mobil kita sampai di lokasi. Dengan membayar retribusi Rp 15.000 buat wisatawan lokal dan Rp 30.000 bagi wisatawan mancanegara kami mampu menikmati adegan matahari terbit di bukit Punthuk Setumbu.

Waktu yg tepat bagi mengujunginya yakni diantara bulan Juni hingga Agustus, karena dibulan ini yaitu musim kemarau. Di musim hujan kami tidak dapat menikmati pesona sunrise secara utuh, sering mendung menutupi langit.

Dari pintu masuk naik ke atas bukit sekitar 300 meteran. Tenang, jalan telah di semen dan kanan-kiri dilengkapi pegangan. Lampu di jalur menuju bukit pun juga terus menyala.

Warga yg membuka warung di sekitaran pun terus menawari kopi ataupun souvenir secara ramah. Terdapat saung juga seandainya merasa lelah buat melanjutkan trekking naik ke bukit.

Cukup lelah menuju bukit Punthuk Setumbu. Tenang, rasa lelah itu mulai terbayarkan saat kedua mata kalian disuguhkan pesona alam yg menyeruak, kelihatan gunung Merapi dan gunung Merbabu.

Candi Borobudur pun kelihatan samar-samar berselimut kabut. Tak cuma itu, cahaya keemasan mentari pagi memberi nuansa yg khas. Langsung kurekam dengan kameraku.

Bukit Punthuk Setumbu buat kalian memberikan alternatif yang lain buat menikmati Borobudur dari kejauhan. Ternyata tidak kalah memesona dibandingkan kalian menikmati dari jarak dekat. Borobudur yaitu candi bercorak Buddha.

Candi beralamat di Magelang, Jawa Tengah. Borobudur didirikan sekitar tahun 800-an Masehi oleh wangsa Syailendra. Borobudur juga yaitu kuil Buddha terbesar di dunia. Sehingga setiap tahunnya dipadati umat Buddha bagi merayakan hari besar Waisak.

Nirwana terbit di antara punggung gunung Merapi dan gunung Merbabu. Kabut tipis menyelimuti Borobudur. Semua terekam telah di ingatan dan memori kartu kamera. Suasana ini mulai kalian terus kalian rindukan. (Rahmad Azhar/Nationalgeographic.co.id)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/18/100600027/Menikmati.Borobudur.Berselimut.Kabut
Terima kasih sudah membaca berita Menikmati Borobudur Berselimut Kabut. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menikmati Borobudur Berselimut Kabut"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.