Mengintip Sisi Lain Korea Utara Yang Gemerlap

No comment 142 views

Berikut artikel Mengintip Sisi Lain Korea Utara yang Gemerlap, Semoga bermanfaat

Pyongyang – Di antara masyarakat Korea Utara yg hidup berkekurangan, ada segelintir orang yg disebut Donju yg hidup mapan. Inilah sisi yang lain Korea Utara yg gemerlap.

Tidak seperti kebanyakan orang yg hidup susah, para Donju yg yaitu sebagian orang super kaya di Korea Utara hidup mapan dan bergelimang harta. Bahkan pemerintah pun seakan menutup mata mulai fakta tersebut.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (29/11/2016) para Donju atau penguasa uang yaitu sekumpulan pengusaha elit yg cuma ada sekitar 10% dari total populasi Korea Utara seperti diungkapkan Pemred media NK News, Chad O’Carroll.

Faktanya, perekonomian di Korea Utara sudah akan meningkat. Ditambahkan oleh Chad, bahwa kini sekitar 13-15% penduduk di Korea Utara sudah memiliki handphone. Tapi itu baru sesuatu dari sekian banyak kemewahan yg akan tampak di Korea Utara.

Hal itu juga diungkapkan oleh fotografer yang berasal AS yg tengah bermukim di Shanghai, Christian Petersen Clausen. Belum lama ini ia baru saja berkunjung ke Korea Utara dan dibuat terkejut oleh perubahan gaya hidup masyarakatnya yg kian modern, berbeda dari kunjungan terakhirnya dua tahun lalu.

“Sepertinya segala orang punya, sering aku melihat orang-orang yg memakai beberapa handphone,” ujar Petersen seperti diberitakan media Vice.

Tapi tak cuma itu, Petersen juga sempat memotret seorang ibu-ibu yg tengah memegang tas branded hingga yg asyik berkuda. Rasanya sulit buat percaya, kalau itu adalah gambaran Korea Utara kini.

Kedai kopi dan restoran kini kian menjamur (Reuters)Kedai kopi dan restoran kini kian menjamur (Reuters)

Umumnya sejumlah barang branded nan premium seperti tas hingga mobil mewah diimpor oleh Korea Utara dari China. Selain barang mewah, akan bermunculan juga sejumlah restoran mewah hingga kafe dan hotel di dua distrik Korea Utara.

Kabarnya, perubahan ini akan terjadi setelah pemerintahan Kim Jong Il akan membuka jalur untuk masyarakat buat berdagang dan berbisnis pada tahun 2002. Semenjak itu, muncul lah para Donju yg berafiliasi dengan rezim Kim Jong Un seperti diungkapkan oleh Michael Madden dari Johns Hopkins School of Advanced International Studies.

Dengan kepentingan bisnis, para Donju menyuap petugas berwenang dengan barang atau uang. Tak sedikit juga Donju yg mencari uang dari berbisnis transportasi hingga real estate. Padahal sektor tersebut telah tentu cuma mampu dikelola oleh Pemerintah. Inilah bentuk korupsi di Korea Utara yg tengah marak.

Suasana sebuah pusat perbelanjaan di Pyongyang (Reuters)Suasana sebuah pusat perbelanjaan di Pyongyang (Reuters)

Menurut LSM Transparency International, Korea Utara yaitu salah sesuatu negara dengan tingkat korupsi yg tinggi. Dalam indeks Transparency International tahun 2015, Korea Utara menempati peringkat 167 atau bersanding dengan Somalia sebagai negara paling korup.

Sayangnya kemewahan itu cuma bisa dinikmati oleh para Donju saja. Masyarakat yg tinggal di daerah pedesaan dan kaum pekerja Korea Utara cuma mampu bermimpi buat melihat, terlebih memiliki barang-barang tersebut.

Itulah perubahan yg tengah terjadi di Korea Utara. Tak sedikit juga wisatawan yg bisa berkunjung dengan bantuan sejumlah operator resmi seperti Koryo Tours dan lainnya. Inilah sisi yang lain dari Korea Utara kini. (fay/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/29/073300/3357133/1382/mengintip-sisi-lain-korea-utara-yang-gemerlap
Terima kasih sudah membaca berita Mengintip Sisi Lain Korea Utara yang Gemerlap. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengintip Sisi Lain Korea Utara Yang Gemerlap"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.