Mengintip Isi Dapur Katering Garuda Indonesia

No comment 131 views

Berikut artikel Mengintip Isi Dapur Katering Garuda Indonesia, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Makanan adalah salah sesuatu hal krusial dalam pelayanan sebuah maskapai. Garuda Indonesia misalnya, melakukan penerbangan sekitar 180 rute tiap hari dari Jakarta. Untuk itu, pelayanan makanan dipercayakan pada pihak jasa katering Aerofood ACS yg masih tergabung dalam Aerowisata, grup Garuda Indonesia.

KompasTravel berkesempatan mengunjungi Aerofood ACS yg berlokasi di kompleks Bandara Seokarno Hatta, Cengkareng, Kamis (30/11/2016). Bersama jurnalis lainnya, kita dibawa buat melihat proses makanan dari produk mentah sampai akhirnya menjadi produk jadi dan bersiap diantar.

“Di sini kita mengutamakan kualitas kontrol dan safety,” kata QA HSE Manager Aerofood ACS, Nuryulianti atau akrab disapa Noey. Maka dari itu, sebelum masuk ke lokasi produksi makanan, kita seluruh diharuskan memakai jubah labolatorium. Begitu juga dengan penutup kepala dan masker.

BACA JUGA: Perjalanan Makanan Pesawat sampai ke Bangku Anda

“Wajib cuci tangan juga sebelum dan sesudah masuk ruangan,” kata Head Marketing Communication Aerofood ACS, Wulandari.¬†

Kompas.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Aktivitas pekerja di Aerofood ACS di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (30/11/2016). Aerofood yaitu anak perusahaan Garuda Indonesia yg bergerak menyediakan makanan bagi maskapai.

Perhentian pertama adalah ruang penerimaan barang. Tampak ada vendor yg sedang menyetor buah dan sayur segar. “Ini dicek satu-satu kesegaran sayur dan buahnya,” kata Wulandari. Ada seorang petugas kontrol kualitas tengah mengeluarkan sawi-sawi yg kurang segar dari peti.

Kemudian setelah penerimaan barang mentah, barang-barang tersebut ditempatkan ke ruang pendingin dengan suhu yg beragam. Ada yg tiga sampai sembilan derajat, bahkan ada ruang pendingin yg sampai minus 30 derajat.

“Maksimal buah dan sayur disimpan tiga hari, tapi tergantung jenisnya. Seperti buah semangka lebih cepat,” kata Wulandari.

Keluar dari ruang pendingin, kalian dibawa masuk ke ruang penyimpanan barang kering seperti bahan roti, kue, dan sembako. Di sana kita juga menemukan kotak penyimpanan makanan Presiden dan Wapres RI ketika melakukan perjalanan via udara.

BACA JUGA: Mengintip Isi Kerangkeng Makanan Presiden RI buat Perjalanan Udara

Setelahnya kalian memasuki ruang dapur bagi membuat kue dan roti, ruang khusus membuat croissant, ruang dapur masakan Jepang dan Korea, ruang dapur kelas utama, ruang dapur kelas bisnis, ruang menyimpan minuman ringan dan minuman beralkohol, ruang memotong buah, ruang menyusun alat makan, serta ruang dapur panas.

Kompas.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Aktivitas pekerja di Aerofood ACS di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (30/11/2016). Aerofood yaitu anak perusahaan Garuda Indonesia yg bergerak menyediakan makanan bagi maskapai.

Ruang dapur panas adalah salah sesuatu ruang yg paling menarik. Kesibukan begitu terasa, dengan fase gerak yg cepat. Tak ketinggalan suhu yg panas akibat kegiatan memasak, dan alat-alat dapur berukuran besar.

Total ada 700 karyawan yg terlibat dalam proses produksi makanan di Aerofood ACS, terbagi dalam tiga shift kerja selama 24 jam. Selain maskapai Garuda Indonesia, Aerofood ACS juga melayani 18 maskapai penerbangan lokal maupun inetrnasional.

Dalam sesuatu hari Aerofood memasok makanan bagi 400 rute penerbangan baik domestik maupun internasional, dengan total 35.000 porsi makanan per hari.

Mengunjungi dapur Aerofood ACS memberi pengalaman bahwa perjalanan makanan buat sampai ke penumpang pesawat memerlukan proses yg panjang, rumit, dan riskan.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/02/070500127/mengintip.isi.dapur.katering.garuda.indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Mengintip Isi Dapur Katering Garuda Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengintip Isi Dapur Katering Garuda Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.