Mengenang Kirab Budaya Bulan Safar Di Salatiga

No comment 115 views

Berikut artikel Mengenang Kirab Budaya Bulan Safar di Salatiga, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Setiap bulan Safar, atau bulan kedua selepas Muharram di Kota Salatiga terus diadakan kirab budaya. Kemeriahan pawai ini pun menarik perhatian banyak orang.

Warga Dukuh Krajan, Salatiga, tampak sudah sibuk melakukan aktivitas sejak pagi pada 13 Oktober 2016 yg lalu. Bulan Safar sudah datang, dan saatnya menggelar Kirab Budaya bagi merayakan Saparan.

Tradisi Saparan rutin dikerjakan warga setiap setahun sekali. Warga berpartisipasi tanpa terkecuali dari anak-anak, hingga orang tua bagi meramaikan kirab budaya ini.

Sekitar jam 10.00, akan kelihatan warna-warni di sana-sini. Musik dimainkan, karya seni dipamerkan, dan tarian dipertontonkan dalam Kirab Budaya yg berlangsung meriah. Warga berjalan berarak-arakan dengan berbagai atribut dan kostum akan yg terbuat dari plastik bekas, hingga yg memiliki desain rumit dan pernak-pernik di segala bagian.

Terdapat pula dua turis asing yg ikut meramaikan pawai. Selain itu, juga terdapat barongsai, ular naga, jaranan, dan reog ponorogo yg mulai melakukan pertunjukan di poin-poin yg sudah ditentukan selama Kirab Budaya berlangsung.

Kirab Budaya Saparan Dukuh Krajan tidaklah lengkap tanpa adanya salah sesuatu kesenian khas daerah, merupakan Drum Blek. Kesenian ini telah sangat diakui sebagai ajang kreativitas hingga terdapat kejuaraan-kejuaraan antar RT. Setiap RT biasanya memiliki kelompok Drum Bleknya sendiri.

Musik Drum Blek dihasilkan dari tabuhan tempat air bekas atau biasai disebut ‘Blek’. Blek ini menghasilkan suara yg unik namun tetap asyik buat didengarkan. Tampilan Drum Blek ini seperti Drum Band, juga lengkap dengan mayoretnya. Seru!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/30/141900/3390265/1025/mengenang-kirab-budaya-bulan-safar-di-salatiga
Terima kasih sudah membaca berita Mengenang Kirab Budaya Bulan Safar di Salatiga. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengenang Kirab Budaya Bulan Safar Di Salatiga"