Mengenang Kemeriahan Festival ASEAN 2016 Di Bukarest, Rumania

Berikut artikel Mengenang Kemeriahan Festival ASEAN 2016 di Bukarest, Rumania, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kemeriahan Festival ASEAN 2016 yg diselenggarakan di Bikarest, ibukota Rumania masih terasa. Ada pertunjukan seni dan kuliner yg memikat warga Rumania.

Menjelang ulang tahun emas ASEAN pada 8 Agustus 2017, dalam rangka mempromosikan ASEAN ke publik Rumania dan kedutaan besar negara sahabat, empat kedutaan besar ASEAN di Bucharest dengan kompak menyelenggarakan ASEAN Festival bertempat di halaman belakang KBRI Bucharest, Strada Gina Patrichi, Bukares, Rumania, pada Kamis (4/8/2016) lalu.

KBRI Bucharest, Kedutaan Besar Malaysia, Thailand dan Vietnam yg tergabung dalam ASEAN Bucharest Committee (ACB) dalam ASEAN Day Festival ini masing-masing menyajikan masakan khas dan pertunjukan seni budaya kepada masyarakat Rumania. Di samping memperlihatkan berbagai literatur mengenai ASEAN, dalam festival ini masing-masing negara peserta mempromosikan tempat-tempat wisata, tak ketinggalan KBRI Bucharest dengan aktif Wonderful Indonesia dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke tanah air.

Selain Dubes Diar Nurbintoro, selaku Dubes RI bagi Rumania dan Republik Moldavia, hadir Dubes Malaysia Tajul Aman Mohammad, Dubes Thailand H.E. Mr. Komgrit Varakamin, dan Dubes Vietnam Mr. Tran Thanh Cong. ASEAN Day Festival dibuka secara resmi oleh Ketua ACB, Dubes Vietnam buat Rumania dan Guest of Honor dari Kementerian Luar Negeri Rumania, Secretary of State Alexandru Victor Micula.

Alexandru Victor Micula mengatakan pentingnya ASEAN buat Uni Eropa sebagai market sekaligus investasi yg besar untuk UNI EROPA di wilayah Asia Tenggara. Alexandru mengharapkan peningkatan hubungan dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya antara ASEAN dan Rumania dan mendorong peningkatan jumlah mahasiswa ASEAN buat belajar di Rumania baik dengan beasiswa maupun biaya sendiri.

Dalam bidang riset dan teknologi, Rumania terpilih sebagai pusat infrastruktur riset dunia oleh European Strategy Forum on Research Infrastructure (ESFRI) dalam proyek yg dinamakan ELI-NP sebagai salah sesuatu bagian dari proyek “Extreme Light Infrastructure” khusus dalam aplikasi fisika nuklir, astrofisika dan aplikasi medis di samping riset fundamental dalam bidang fisika.

Proyek yg mengaplikasikan potensi laser terbesar di dunia dengan beberapa buah laser 10 PW ini yg menelan biaya investasi 236 juta Euro dari European Regional Development Fund (ERDF), program co-finance dengan pemerintah Rumania buat peningkatan kompetisi ekonomi. User facility bertaraf internasional ini diharapkan mulai mendrive pengembangan ekonomi di wilayah ini.

Setelah mengikuti pembukaan acara, para pengunjung mampu menikmati hidangan khas ASEAN sambil menikmati pertunjukan seni budaya. Kuliner ASEAN dari nasi lemak dan teh tarik malaysia, sate dan nasi goreng Indonesia sampai Sup Tom Yam Thailand dihidangkan dalam festival ini. Sedangkan Vietnam menyajikan Nem Ga Ran (lumpia ayam khas Viet Nam), Tom Tam Baht (udang goreng) dan Che Anh Xanh (hidangan manis).

Dalam pertunjukan seni, Indonesia menampilkan tari merak dan pertunjukan paduan suara diiringi musik angklung, sedangkan Thailand menampilkan permainan xylophone. Tidak ketinggalan, Vietnam menampilkan permainan biola.

“Kegiatan ASEAN Day Festival ini baru pertama kali dilaksanakan. Walaupun cuma empat negara ASEAN yg memiliki perwakilan asing di Rumania, kekompakan ala ASEAN begitu terasa dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini,” ujar Duta Besar RI buat Bucharest, Dubes Diar Nurbintoro.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/11/101500/3271196/1025/mengenang-kemeriahan-festival-asean-2016-di-bukarest-rumania
Terima kasih sudah membaca berita Mengenang Kemeriahan Festival ASEAN 2016 di Bukarest, Rumania. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengenang Kemeriahan Festival ASEAN 2016 Di Bukarest, Rumania"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.