Mengapa Sabah Dijuluki “Land Below The Wind”?

No comment 115 views

Berikut artikel Mengapa Sabah Dijuluki “Land Below the Wind”?, Semoga bermanfaat

KINABALU, KOMPAS.com – Sabah adalah salah negara bagian Malaysia yg terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Beragam macam wisata tersebar di Sabah, misal wisata petualangan di Gunung Kinabalu dan arung jeram di Sungai Padas. Ada pula wisata bagi keluarga seperti di Desa Cattle Farm, Kundasang, Ranau.

Selain terkenal dengan obyek wisata Gunung Kinabalu, Sabah milik slogan. Pemandu wisata program “Sabah Familiarization Trip” Bobby Wesley menyebut Sabah sebagai “Land Below the Wind”.

“Sabah itu letaknya di bawah meeting Laut Cina Selatan dan Laut Sulu. Itu tak kena angin taifun,” kata Bobby kepada KompasTravel di sela-sela pendakian Gunung Kinabalu dua waktu lalu.

BACA JUGA: Kisah Mistis di Balik Gunung Kinabalu Malaysia

Menurutnya, Sabah tidak pernah mendapatkan gangguan iklim berupa angin taifun seperti yg biasa dialami oleh Filipina, Taiwan, dan Jepang. Pengaruh angin taifun di Sabah, lanjut Bobby, cuma menyebabkan hujan.

“Oleh karena itu Sabah disebut sebagai ‘Land Below the Wind’,” ujar Bobby.

Bobby menyebut julukan tersebut didapatkan Sabah karena Sabah tidak mengenal moonsoon. Moonsoon sendiri adalah fenomena perubahan iklim secara ekstrem yg terjadi akibat adanya perubahan tekanan udara secara ekstrim di kawasan daratan India dan Lautan Hindia.

BACA JUGA: Keren, Bisa Internetan di Puncak Gunung Kinabalu

Perubahan tekanan udara ini mulai menyebabkan terjadinya angin sangat kencang (jet stream effect) dari lautan lepas menuju daratan.

Sabah ketika ini mampu diakses dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta memakai penerbangan segera maskapai AirAsia. Wisatawan mulai mendarat di Bandara Kota Kinabalu.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/02/060500027/mengapa.sabah.dijuluki.land.below.the.wind.
Terima kasih sudah membaca berita Mengapa Sabah Dijuluki “Land Below the Wind”?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengapa Sabah Dijuluki “Land Below The Wind”?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.