Mengapa Perayaan HUT RI Identik Dengan Lomba?

No comment 124 views

Berikut artikel Mengapa Perayaan HUT RI Identik dengan Lomba?, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com — Lomba balap karung, panjat pinang, tarik tambang, sampai makan kerupuk terus menghiasi perayaan HUT RI. Lomba-lomba ini terbilang awet, tidak hilang dimakan zaman. Namun, apa sebenarnya hubungan kemerdekaan RI dengan perlombaan yg dikerjakan masyarakat Indonesia?

“Tanggal 17 Agustus itu hari istimewa, jadi negara dan masyarakat dengan inisiatif sendiri merayakannya,” kata sejarawan JJ Rizal kepada KompasTravel, Minggu (14/8/2016).

Rizal mengatakan, tak diketahui secara pasti siapa tokoh yg mengenalkan dan mengawali lomba-lomba pada acara perayaan HUT RI.

“Namun, perlombaan-perlombaan itu yaitu comotan dari masa Belanda dan terutama zaman Jepang yg ditambah dengan aneka lomba baru,” kata Rizal.

Misalnya, lomba panjat pinang, yg telah kadang didokumentasikan ketika masa kolonial dahulu. Selanjutnya, ketika ulang tahun Djawa Baroe yg jatuh pada bulan Maret, dekat dengan momen masuknya Jepang ke Indonesia, macam lomba pun bertambah lagi, merupakan lomba tarik beban berat dan lomba kuda-kuda.

Perlombaan dalam momen perayaan, menurut Rizal, sejatinya adalah persambungan dari masa sebelum merdeka yg diperkaya dengan isi baru. Selain isi lomba yg semakin berkembang, momen perayaannya juga diganti. Jika dulu perlombaan diselenggarakan buat menghormati Ratu Belanda dan kedatangan Jepang, maka setelah merdeka, rakyat Indonesia merayakan HUT RI yg jatuh tepat tanggal 17 Agustus.

“Jadi, seperti kalian mewarisi banyak hal dari masa kolonial, seperti makanan, arsitektur, diksi, dan juga aneka lomba, diterima, diteruskan buat mengenang momen bersejarah dengan perayaan yg menimbulkan kegembiraan,” kata Rizal.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/17/112200727/mengapa.perayaan.hut.ri.identik.dengan.lomba.
Terima kasih sudah membaca berita Mengapa Perayaan HUT RI Identik dengan Lomba?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengapa Perayaan HUT RI Identik Dengan Lomba?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.