Mengagumi Indahnya Kimono Jepang Di Museum Seni Itchiku Kubota

Berikut artikel Mengagumi Indahnya Kimono Jepang di Museum Seni Itchiku Kubota, Semoga bermanfaat

Kawaguchiko – Apabila Indonesia milik batik, maka Jepang milik kimono. Apabila ingin mengagumi kimono ketika liburan ke Jepang, tiba saja ke Museum Seni Itchiku Kubota.

Berlokasi di prefektur Yamanashi yg berjarak sekitar sesuatu setengah jam dari Tokyo, berdiri Museum Seni Itchiku Kubota. Di kalangan masyarakat Jepang, sosok Itchiku Kubota dikenal sebagai seniman kimono yg legendaris.

Atas undangan dari Keio Plaza Hotel Tokyo, detikTravel pun berkesempatan buat berkunjung ke Museum Seni Itchiku Kubota dalam rangkaian perjalanan bagi melihat Gunung Fuji.

Mulai dari depan museum, traveler mulai dimanjakan oleh nuansa khas Jepang yg tampak melalui gerbang kayu yg penuh ukiran. Sedikit berbeda dengan gerbang kuil Tori khas Jepang, gerbang Museum Seni Itchiku Kubota malah tampak seperti pintu kayu khas Jawa dan Bali.

 Pintu masuk museum yg unik (Randy/detikTravel) Pintu masuk museum yg unik (Randy/detikTravel)

Melewati gerbang, traveler mulai mendapati sebuah kolam di sisi kanan dan jalan setapak di sisi kiri yg mengarah ke bagian dalam museum. Berhubung detikTravel tiba pada ketika musim dingin, salju pun tampak memadati pekarangan jalan.

Masuk ke bagian dalam museum, aku dan rombongan pun disambut oleh manager museum yg bernama Miyahara. Setelah berkenalan sesuatu sama lain, ia pun mengajak kalian buat melihat koleksi kimono legendaris karya Itchiku Kubota yg disimpan di ruangan lain.

“Itchiku Kubota dikenal sebagai sosok yg membangkitkan teknik mewarnai Tsujigahana yg sudah punah pada abad ke-17. Itchiku mendedikasikan semua hidupnya bagi membuat kimono dengan teknik tersebut,” terang Miyahara.

Foto almarhum Itchiku Kubota (Randy/detikTravel)Foto almarhum Itchiku Kubota (Randy/detikTravel)

Seperti kain batik, pengerjaan sebuah kimono secara tradisional juga memakan waktu yg tak sebentar. Bahkan bagi seorang Itchiku Kubota, sesuatu karya kimononya dapat memakan waktu hingga sesuatu tahun. Waktu yg tak sebentar.

Dari sekian banyak koleksinya, yg paling terkenal adalah seri kimono yg menggambarkan keindahan Gunung Fuji. Di dalam museumnya, traveler mampu melihat 11 seri kimono yg legendaris tersebut.

“Ada 11 kimono bertema Gunung Fuji di sini, kalau dijajar mulai tampak sesuatu kesatuan gambar. Sayangnya Itchiku meninggal sebelum sempat menyelesaikan keseluruhan karya besarnya tersebut,” ujar Miyahara.

Kimono bergambar Gunung Fuji karya Itchiku (Randy/detikTravel)Kimono bergambar Gunung Fuji karya Itchiku (Randy/detikTravel)

Selain dapat melihat koleksi kimono karya Itchiku, traveler juga mampu bersantai di kafe terbuka yg dulu menjadi ruang kerja sang maestro. Kemudian traveler juga dapat naik ke bagian atap bangunan dan mengagumi indahnya Gunung Fuji. Ini salah salah sesuatu bagian terbaik.

Tidak sampai situ, terdapat juga ruang khusus buat membeli buah tangan dan berbagai cinderamata unik yg dikemas lucu. Ada syal, kipas, pajangan, sampai perhiasan dan permen.

Aneka buah tangan dan cinderamata (Randy/detikTravel)Aneka buah tangan dan cinderamata (Randy/detikTravel)

Museum Seni Itchiku Kubota buka setiap hari kecuali Selasa dan hari libur nasional di antara bulan Desember-Maret dan April-November. Harga tiket masuknya adalah 1.300 Yen (Rp 152 ribu) bagi orang dewasa dan 400 Yen (Rp 46 ribu) bagi anak anak SMP dan SD.

Cara ke sana:

Naik bus Fuji-Goko Line dari JR Shinjuku Station menuju Stasiun Kawaguchiko. Dari situ mampu lanjut naik taksi atau jalan kaki bagi berkeliling. (wsw/rdy)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/17/160328/3398230/1520/mengagumi-indahnya-kimono-jepang-di-museum-seni-itchiku-kubota
Terima kasih sudah membaca berita Mengagumi Indahnya Kimono Jepang di Museum Seni Itchiku Kubota. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mengagumi Indahnya Kimono Jepang Di Museum Seni Itchiku Kubota"