Menentramkan Jiwa Di Desa Tertinggi Pulau Jawa

No comment 120 views

Berikut artikel Menentramkan Jiwa di Desa Tertinggi Pulau Jawa, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Liburan ke Dieng, cobalah menginap di Desa Sembungan yg dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Suasananya sungguh tenang dan damai.

Desa itu bernama Sembungan, sebuah desa di Kecamatan Kejejer, Kabupaten Wonosobi, Provinsi Jawa Tengah. Berdiri di ketinggian +/- 2300 meter di atas permukaan laut, menjadikan desa ini sebagai desa tertinggi di pulau Jawa.

Desa Sembungan memiliki letak yg strategis di tepi kawasan wisata dataran tinggi Dieng, keadaan ini membuat desa ini dihiasi oleh hamparan luas pesona alam khas dataran tinggi Dieng yg telah termasyhur keindahannya.

Selain itu, desa ini yaitu pintu gerbang menuju puncak Gunung Sikunir yg terkenal dengan Golden Sunrise-nya yg menawan. Paduan keindahan alam yg diberikan Tuhan bagi desa ini benar-benar sangat memikat hati. Saking memikatnya, kunjungan singkat aku di sana terasa seperti mencicipi sekeping surga.

Untuk mencapai Desa Sembungan, kalian dapat menaiki bus dari Terminal Wonosobo menuju Dieng yg ditempuh selama kurang lebih sesuatu jam dengan jarak sekitar 30 kilometer.

Sampai di Dieng, umumnya perjalanan dilanjutkan dengan memakai ojek motor karena jaraknya yg jauh bila berjalan kaki. Namun bila beruntung, kalian mampu menumpang pada mobil warga yg melintas dengan bermodalkan senyum dan sapaan hangat, sebuah bukti keramahtamahan khas masyarakat jawa masih terjaga di sana.

Bagi yg membawa rombongan agak banyak, disarankan buat menyewa mobil atau angkutan umum. selain buat antar-jemput menuju akses angkutan kota juga dapat digunakan bagi mengelilingi ke tempat-tempat wisata yg tersebar di kawasan dataran tinggi Dieng.

Sesampainya di Desa Sembungan, ada beberapa alternatif pilihan penting cara bermalam di sana. Alternatif pertama merupakan menumpang di rumah-rumah warga (guest house) dengan fasilitas rumahan yg cukup layak dan beragam dengan tarif terjangkau yg dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Alternatif kedua ditujukan untuk yg senang bermalam beratapkan tebaran bintang. Di mana Anda mampu berkemah di tepi Telaga Cebong, sebuah danau yg cukup luas yg terletak di ujung desa. Atau mampu juga berkemah di sekitar puncak Gunung Sikunir.

Bagi yg memiliki waktu lebih, desa ini jangan cuma dijadikan tempat bermalam dan persinggahan sementara saat berkunjung ke lokasi wisata dataran tinggi Dieng. Namun, cobalah pengalaman yang lain dengan mendekati dan bercengkrama dengan penduduk setempat yg sebagian besar berprofesi sebagai petani.

Cobalah bagi mengikuti aktivitas bertani mereka seperti bertani kentang dan buah Carica (buah khas Dieng). Sambil menolong mereka, kalian dapat mendengarkan cerita-cerita menarik tentang desa dan keseharian mereka dan tidak jarang mereka mulai memberikan wejangan (petuah) tentang kesahajaan hidup yg tentu saja mampu kalian jadikan pelajaran.

Yang pasti kami harus mengenal dan memahami bahasa mereka terlebih dahulu. Untungnya aku sedikit paham bahasa Jawa meskipun harus sedikit mengernyitkan dahi dalam mencerna ucapan mereka yg memiliki dialek khas.

Namun, disitulah letak keseruannya karena kami seperti sedang bermain tebak kata. Bila beruntung (datang di masa panen), kami juga mampu ikut memanen hasil tanaman mereka dan tentu saja kalian mampu mencicipi hasil panen tersebut.

Yang pasti rasanya mulai berbeda karena memakan hasil panen kami sendiri dan lebih segar pastinya. Jadi kalian bukan cuma mampu memanjakan mata dengan indahnya kawasan wisata dataran tinggi Dieng, tetapi juga memanjakan hati dengan kesahajaan hidup masyarakatnya.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/24/105000/3352877/1025/menentramkan-jiwa-di-desa-tertinggi-pulau-jawa
Terima kasih sudah membaca berita Menentramkan Jiwa di Desa Tertinggi Pulau Jawa. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Menentramkan Jiwa Di Desa Tertinggi Pulau Jawa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.